Fadli Zon Apresiasi Inovasi Pertanian di Ciherang Banjaran, Teknik Salibu Mampu Tingkatkan Produktivitas Padi

JABAR EKSPRES – Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Fadli Zon, mengapresiasi inovasi para petani di Kampung Ciherang, Desa Kiangroke, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung yang telah berhasil menerapkan teknik salibu dalam budidaya padi.

Menurutnya, inovasi ini memungkinkan para petani untuk memanen hingga empat kali dalam setahun, dengan hasil yang luar biasa hingga mencapai 35 ton per hektar per tahun.

“Teknik salibu yang diterapkan di Ciherang ini sudah membuktikan dan mampu untuk meningkatkan produktivitas padi secara signifikan bahkan beberapa varietas unggul yang ditanam menggunakan teknik ini mampu menghasilkan jumlah butir, tangkai, dan tunas yang lebih banyak dari biasanya. Ini adalah inovasi yang luar biasa,” ujarnya saat ditemui usai menggelar kegiatan panen raya, Rabu (9/10).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa salah satu keunggulan dari teknik ini adalah penggunaan metode tanam benih langsung (Tabela) yang dibantu dengan alat pemotong inovatif, sehingga proses tanam dan panen menjadi lebih efisien.

Teknik ini juga didukung oleh ekosistem yang unik, seperti penggunaan itik selama 10 hari pasca-panen untuk membantu menjaga kualitas lahan.

BACA JUGA: Kenapa Hari Ini Grapix AI Tidak Bisa WD, Benarkah Sudah Mau SCAM? ini Kata Perusahaan

“Ini teknik yang perlu dikembangkan karena bisa meningkatkan hasil panen secara berkelanjutan,” jelasnya.

Fadli menyatakan bahwa target utama pemerintahan mendatang yang dipimpin oleh Prabowo Subianto adalah mencapai swasembada pangan.

Menurut Fadli, Prabowo juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum HKTI, sehingga sangat peduli pada sektor pertanian.

“Targetnya bukan hanyFadli Zon Apresiasi Inovasi Pertanian di Ciherang Banjaran, Dukung Swasembada Pangan dan Program Makan Siang Gratisa ketahanan pangan, tetapi juga swasembada pangan yang dulu pernah kita capai,” ungkap Fadli.

Meski begitu, ia mengakui bahwa upaya ini membutuhkan kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak.

BACA JUGA: Akun Medsos Desa Diduga Dukung Salah Satu Paslon, Bawaslu KBB: Kami akan Lakukan Pendalaman

Fadli menegaskan pentingnya keberlanjutan usaha tani dengan memastikan keuntungan bagi para petani.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan