Penting Untuk Ojol, Ini Tips Aman Berkendara untuk Pengemudi Ojek Online

JABAR EKSPRES – Mengendarai sepeda motor sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Motor dipilih sebagai moda transportasi untuk berbagai keperluan, mulai dari berangkat sekolah, bekerja, hingga untuk sekedar menyalurkan hobi. Ada tips aman berkendara  yang bisa kamu simak di artikel ini.

Tak sedikit juga yang menggantungkan mata pencaharian mereka pada sepeda motor, seperti para pengemudi Ojek Online yang mengandalkan kendaraan ini untuk menjalankan berbagai layanan transportasi dan pengantaran.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma mengatakan, “Dalam menjalankan tugasnya, baik itu mengantar penumpang maupun barang, pengemudi Ojek harus menjaga fokus dan konsentrasi penuh.

Baca juga : Komunitas Biker Honda Nobar dan Rolling City Bareng PT DAM untuk Semarakkan ATC dan WSBK Mandalika

Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari hal-hal yang dapat mengganggu, seperti bercakap-cakap terlalu banyak dengan penumpang, mengobrol dengan sesama pengendara, atau menggunakan ponsel sambil berkendara. Semua ini berpotensi mengurangi keselamatan dan kewaspadaan selama di jalan.”

Berikut adalah beberapa tips aman berkendara yang penting bagi pengemudi Ojek Online agar lebih aman dan nyaman saat bekerja:

1. Gunakan Riding Gear Lengkap

Pastikan selalu memakai perlengkapan berkendara yang memadai, seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, dan sepatu.

Selain menjaga keamanan, ini juga membantu meningkatkan kenyamanan saat berada di jalan. Sediakan juga helm untuk penumpang, dan untuk kenyamanan ekstra, berikan penutup kepala atau shower cap agar penumpang merasa lebih higienis saat menggunakan helm yang disediakan.

2. Merencanakan Rute dengan Bijak

Saat mendapatkan titik penjemputan atau pengantaran, bayangkan terlebih dahulu rute yang akan diambil sambil melihat panduan dari peta di smartphone. Hindari kebiasaan melihat ponsel saat berkendara.

Jika ragu mengenai arah, sebaiknya berhenti sejenak di tepi jalan untuk memeriksa rute. Ini penting untuk menjaga fokus dan mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi di depan.

Baca juga : PT DAM Luncurkan Premium Big Wing Honda

3. Utamakan Keselamatan, Bukan Kecepatan

Selalu prioritaskan keselamatan penumpang dan diri sendiri. Hindari terburu-buru, meskipun dikejar waktu. Perkirakan waktu penjemputan dan pengantaran dengan baik, sehingga tidak perlu mengorbankan keselamatan. Ingat, keselamatan adalah yang paling utama dalam setiap perjalanan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan