Lewat Operasi Pasar, Pemkot Cimahi Tekan Harga Kebutuhan Pokok

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota Cimahi terus berupaya meringankan beban masyarakat melalui program operasi pasar “Si Besti” yang digelar secara rutin di Techno Park Cimahi, Kamis (26/9/2024).

Pemkot Cimahi mendistribusikan beras dengan harga yang lebih terjangkau di setiap kelurahan. Operasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok mereka di tengah kondisi ekonomi yang dinamis.

Asisten Dua Pemkot Cimahi, Endang, menyampaikan bahwa operasi pasar merupakan bagian dari program berkelanjutan pemerintah daerah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok, khususnya beras.

Dengan mendistribusikan sekitar 37 ton beras di setiap kelurahan, operasi ini dilakukan berdasarkan permintaan masyarakat.

BACA JUGA:Tok! DPRD dan Pemkot Bogor Sahkan APBD Perubahan 2024

“Ini bervariasi, tergantung dari permintaan masyarakat. Masyarakat tidak perlu mengantri sampai ke kelurahan karena kegiatan ini kita lakukan secara rutin setiap bulan, biasanya di hari Kamis minggu ke-4,” jelas Endang pada awak media di lokasi.

Endang menambahkan, tujuan utama dari operasi pasar ini adalah untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, khususnya beras, yang terus mengalami fluktuasi harga.

“Insyaallah, program-program rutin Pemkot Cimahi ini akan terus berlanjut, dan mudah-mudahan dengan secara rutin kita laksanakan, program ini bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” lanjutnya.

BACA JUGA:Kampanye Pilkada 2024 Dimulai, KPU KBB Tetapkan Zona Pemasangan APK

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Disdagkoperin Kota Cimahi, Indra Bagjana, menegaskan bahwa operasi pasar ini merupakan langkah strategis untuk mengantisipasi inflasi beras yang pernah terjadi di Cimahi dan di beberapa daerah lain di Indonesia.

“Ini untuk mengantisipasi, karena tahun lalu di Kota Cimahi, bahkan secara nasional, pernah mengalami inflasi beras. Oleh karena itu, kami memberikan upaya untuk stabilisasi, dan operasi pasar ini sekarang dilakukan secara rutin, tidak lagi insidental seperti sebelumnya,” ujar Indra.

Indra juga memaparkan, Pemkot Cimahi telah merencanakan dua langkah besar untuk tahun depan guna memperbaiki sistem distribusi beras.

Salah satunya adalah dengan memangkas jalur distribusi yang selama ini masih melalui dua channel, sehingga ke depan, masyarakat bisa mendapatkan beras dengan harga lebih murah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan