Sentra Abiyoso Gelontorkan Bufferstock Kemensos Rp 999 Juta untuk Gempa Bumi di Kabupaten Bandung

KABUPATEN BANDUNG – Gempa Bumi yang mengguncang sebesar 5.0 SR pada tanggal 18 September 2024 dan memunculkan dampak bagi warga di beberapa Kecamatan di Kabupaten Bandung. Sesaat setelah terjadinya Bencana, tim dari Sentra Abiyoso langsung turun membantu warga terdampak di Desa Tarumajaya dan Desa Cikembang, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Sebagai salah satu wilayah kerja Sentra Abiyoso, maka  disalurkan bantuan yang terdiri atas tenda serbaguna 4 unit, terpal (tenda serbaguna) 40 lembar, makanan siap saji 80 pcs, makanan anak 100 pcs, Kasur/kasur lipat 230 lembar, selimut 370 lembar, kidsware 325 paket, family kit 325 paket, tenda gulung 150 lembar dan lampu solar sell 2 unit dengan total nilai bantuan sebesar Rp 999.712.250,-

“Kami sudah turun ke lapangan kemarin (18/9) sekitar pukul 15.30 pasca gempa bumi, langsung kami dirikan tenda beserta isinya di lapangan, mendata korban dan bangunan terdampak serta mendistribusikan makanan siap saji, makanan anak, kids ware dan family kit bagi para warga,” ujar Ema Salwa, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Sentra Abiyoso.

Tenda difokuskan bagi para lansia, ibu menyusui dan anak-anak di Desa terdampak. Tak luput, Dapur Umum Lapangan juga disediakan secara terpusat di halaman kantor Kecamatan Kertasari.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung telah menetapkan tanggap darurat, selama 2 pekan dari 18 September sampai dengan 2 Oktober 2024. Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna juga memantau ketersediaan lumbung sosial di lapangan bersama tim Kemensos.

Dari laporan sementara, gempa susulan masih kerap terjadi sebanyak 14 kali terhitung setelah kejadian hingga hari ini (19/9).

 

Data Pengungsi Gempa Bumi Dinamis

 

Menurut pantauan Tim Kemensos, Jumlah total pengungsi gempa bumi masih dinamis dan berdatangan, baik dari desa setempat maupun desa sekitar.

Kementerian Sosial terus mengupayakan agar warga terdampak masih hidup dengan layak pasca gempa bumi, Kemensos juga akan memberikan Layanan Dukungan Psikososial bagi warga terdampak khususnya bagi anak-anak. (bbs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan