Pengmas Dosen: Upaya Pencegahan Stunting dalam Menerapkan PHBS Menggunakan Hand Sanitizer Berbasis Bahan Alam di Desa Serang Mekar Bandung

JABAR EKSPRES – Dosen Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana (UBK) Kelompok 21 yang terdiri dari 7 orang Dosen dan 20 orang Mahasiswa telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2024 di Desa Serang Mekar, Kecamatan Ciparay, Kab. Bandung.

Kegiatan tersebut diketuai oleh apt. Muhamad Reza Pahlevi, M.Farm yang merupakan Dosen Kelompok Keilmuan Farmasetika dan Teknologi Farmasi dan tentu bekerjasama dengan 6 orang Dosen yaitu apt. Jajang Japar Sodik, M.Farm., apt. Nita Selifiana, M.Si., apt. Ika Kurnia Sukmawati, M.Si., Dr. apt. Dadang Juanda, M.Si., Dr. apt. Widhya Aligita, M.Si., apt. Deni Iskandar, MPH., Ph.D.

Kegiatan ini berfokus pada memanfaatkan bahan alam sebagai hand sanitizer dengan tujuan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di kalangan warga desa.

Tujuan dan Latar Belakang Kegiatan

PkM kali ini menghadirkan inovasi yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya kebersihan tangan serta pemanfaatan bahan alam lokal.

Dengan fokus pada pembuatan hand sanitizer, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan solusi praktis bagi warga desa dalam menjaga kebersihan tangan dan mengurangi risiko terjadinya penyakit infeksi pada anak terutama saluran cerna seperti diare.

Hal ini tentu diare memiliki hubungan erat dengan terjadinya stunting. Pentingnya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam pencegahan penyakit infeksi saluran cerna. Namun, dibeberapa daerah pedesaan, akses ke produk sanitasi sering kali terbatas.

Oleh karena itu, Dosen-dosen Fakultas Farmasi UBK memanfaatkan kesempatan ini untuk mengajarkan pembuatan hand sanitizer dari bahan-bahan alami yang mudah didapat, yaitu daun sirih dan jeruk nipis.

Proses Pembuatan Hand Sanitizer

Proses Pembuatan Hand Sanitizer (Foto: Mahasiswa KKN Universitas Bhakti Kencana Kelompok 21)
Proses Pembuatan Hand Sanitizer (Foto: Mahasiswa KKN Universitas Bhakti Kencana Kelompok 21)

Kegiatan dimulai dengan sesi pengenalan mengenai pentingnya hubungan antara stunting dengan perilaku hidup bersih dan sehat yang disampaikan oleh apt. Nita Selifiana, M.Si dan tutorial pembuatan Hand Sanitizer dipandu oleh apt. Jajang Japar Sodik, M.Farm dan apt. Muhamad Reza Pahlevi, M.Farm.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan