Progres Terbaru Bantuan PKH dan BPNT September-Oktober 2024, Sudah Ada Laporan KKS Baru Cair Rp400 Ribu Hari Ini

JABAR EKSPRES – Penyaluran bantuan sosial PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai) untuk periode September-Oktober 2024 kembali menjadi sorotan. Tahap kelima untuk PKH dan tahap keenam untuk BPNT mulai disalurkan, dan hari ini muncul laporan pencairan sebesar Rp400.000 melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Namun, apakah pencairan tersebut merupakan bantuan PKH atau BPNT? Dan, apakah itu untuk periode September-Oktober atau tahap sebelumnya yang tertunda? Untuk menjawab pertanyaan ini, penting bagi penerima manfaat untuk memantau pencairan melalui aplikasi SNGJ guna mengetahui jadwal pasti.

Baca juga : Cek Sekarang! Info Tebaru Bansos PKH Tahap 3 Juli-Agustus 2024 Segera Cair Setelah Tahap Ini

Pada bulan September ini, bantuan sosial dibagi dalam beberapa tahap:

  1. Pencairan PKH Tahap Kelima: Untuk periode Juli-Agustus melalui KKS BRI, BNI, dan BSI.
  2. Pencairan PKH Tahap Kelima: Untuk periode September-Oktober melalui KKS BRI, BNI, BSI, dan Mandiri.
  3. Pencairan BPNT Tahap Keenam: Untuk periode September-Oktober melalui KKS bank-bank yang sama.
  4. Pencairan BPNT Tahap Ketiga: Untuk penerima pos yang dialihkan ke KKS.

Laporan terbaru menunjukkan pencairan sebesar Rp400.000 hari ini, yang kemungkinan berasal dari BPNT atau PKH untuk kategori tertentu, seperti anak sekolah SD dan SMP. Kategori SD menerima Rp150.000 per bulan, sementara kategori SMP mendapat Rp250.000 per bulan, sehingga total pencairan dua bulan mencapai Rp400.000.

Seorang penerima PKH melaporkan melalui media sosial bahwa ia berhasil mencairkan bantuan sebesar Rp400.000 setelah mengganti KKS yang hilang. Meski periode bantuan tidak dijelaskan, besar kemungkinan ini adalah bantuan untuk periode Juli-Agustus yang tertunda.

Saat ini, aplikasi SNGJ menunjukkan bahwa pencairan PKH dan BPNT untuk periode Juli-September sedang dalam proses, namun untuk periode September-Oktober belum ada perubahan signifikan. Proses pengesahan data penerima di tingkat daerah masih berlangsung melalui pembaruan data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), yang dilakukan setiap bulan.

Baca juga : Cek Bansos Error? Dana BPNT Tahap 4 Rp 400 Ribu Belum Jelas Kapan Cair

Bagi penerima yang sebelumnya mencairkan bantuan melalui PT Pos, proses pengalihan ke KKS sedang berlangsung, dan saldo bantuan diperkirakan masuk ke KKS baru pada September atau Oktober 2024.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan