2 Program Pro Rakyat Bakal Digulirkan Pasangan HADE Jika Terpilih di Pilkada Bandung Barat

JABAR EKSPRES – Bakal calon Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan menawarkan sejumlah program yang akan dilakukan bila terpilih menjadi Bupati di Pilkada Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Jika terpilih sebgai Bupati, sedikitnya ada dua program yang bakal diluncurkan oleh pasangan HADE (Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat) yakni, seragam sekolah gratis siswa SD, SMP, dan anggaran tambahan bagi pemerintah Desa.

Menurut Hengky, kedua program tersebut memiliki peranan penting. Pertama untuk program seragam sekolah gratis dapat meringankan beban orang tua, terutama di tengah kondisi ekonomi yang belum stabil.

“Biaya pendidikan di sekolah negeri sudah digeatiskan, namun orang tua masih harus membeli seragam khusus seperti seragam batik dan seragam olahraga. Hal ini bisa menjadi beban, terutama bagi yang kurang mampu,” ujar Hengky, Rabu (11/9/2024).

BACA JUGA: Gelar Rapat Paripurna Internal, DPRD Kota Bogor Sampaikan Calon Pimpinan Definitif

Dengan program seragam gratis, Hengky berharap bisa mendukung semangat belajar siswa sekaligus membantu orang tua yang berjuang untuk menyekolahkan anak-anak mereka.

“InshaAllah, jika saya diberi amanah kembali, program ini akan digulirkan,” tegasnya.

Untuk memberikan gambaran, satu set seragam SD saat ini berkisar Rp150.000. Dengan total siswa SD di Bandung Barat sebanyak 24.000 orang, anggaran yang dibutuhkan untuk membagikan seragam gratis kepada seluruh siswa SD diperkirakan mencapai Rp3,6 miliar.

Ini belum termasuk anggaran untuk siswa SMP, yang juga direncanakan akan mendapatkan seragam gratis.

Sementara di SD dan SMP Negeri sendiri, orang tua tetap dibebani untuk membeli seragam olah raga, baju muslim, baju batik, dan adat yang nilainya di atas Rp 1.000.000.

Hengky meyakini bahwa program ini akan memberikan manfaat besar bagi keluarga di Bandung Barat, khususnya dalam meningkatkan akses pendidikan bagi siswa dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah.

BACA JUGA: Akhirnya Ada Kabar Baik, Pencairan KLJ Tahap 3 Bulan Juli, Agustus dan September Sudah Siap

Selain program seragam gratis, Hengky pun bakal menggulirkan anggaran tambahan bagi pemerintah Desa. Dia menilai, Desa memiliki peranan penting dalam membangun wilayahnya baik infrastruktur maupun maupun kemampuan ekonomi masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan