Tingkatkan Kesiapan Penanggulangan Bencana di Kota Cimahi Melalui Pelatihan TRC-PB 2024

JABAR EKSPRES – Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, resmikan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Kota Cimahi 2024 di Natural Hill Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, pada Rabu, 4 September 2024.

Dicky menekankan, pentingnya kesiapan dan koordinasi dalam penanggulangan bencana. Menurutnya, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tim dalam menangani bencana secara efektif.

“Insya Allah, kegiatan ini akan berkontribusi positif karena hasil dan rumusannya dapat membawa implikasi terhadap komitmen kita bersama dalam meningkatkan kapasitas dalam penanggulangan bencana,” kata Dicky.

BACA JUGA: PBNU Dukung Kominfo Azan Magrib Lewat Running Text TV

Ia melanjutkan, penanggulangan bencana di Kota Cimahi perlu ditangani secara komprehensif, multi-sektor, terintegrasi, dan terkoordinasi.

“Mengingat bencana datangnya tak terduga, kita harus bisa menangani dengan cepat dan tepat guna meminimalisir dampak risiko,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dicky menekankan tanggung jawab bersama dalam penanganan bencana dan perlunya langkah-langkah nyata seperti kaji cepat, evakuasi, dan penanganan pasca bencana.

BACA JUGA: Serahkan Hasil Pemeriksaan Kesehatan, RSHS Sebut Semua Paslon Layak Ikuti Pilkada Serentak 2024

“Tim Reaksi Cepat (TRC) mempunyai tugas pengkajian cepat dan tepat di lokasi bencana untuk mengidentifikasi cakupan, jumlah korban, kerusakan, dan gangguan terhadap pelayanan umum serta saran yang tepat dalam penanganan bencana,” ungkapnya.

Dicky juga mengingatkan pentingnya integrasi penanggulangan bencana dalam rencana pembangunan daerah dan mendorong semua komponen terkait untuk berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas tim.

“Saya berharap semua komponen ini dapat meningkatkan kapasitas dalam berbagai aspek penanggulangan bencana,” pungkasnya. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan