Geser Thoriqoh, Nisya Adik Raffi Ahmad Dilantik jadi DPRD Jabar

JABAR EKSPRES –  120 Anggota DPRD Jabar hasil Pemilu 2024 resmi dilantik, Senin (2/9). Tapi ada nama pergeseran Anggota DPRD dalam pelantikan yang digelar di Gedung Merdeka itu.

Nama yang dimaksud adalah Nisya Ahmad. Adik Raffi Ahmad itu menggeser nama Thoriqoh Nasrullah Fitriyah dari Dapil Jabar II. Keduanya adalah politikus Partai Amanat Nasional.

Nama Nisya Ahmad belum tercatat dalam rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih yang digelar KPU Jabar akhir Mei 2024 lalu. Yang tercatat masih Thoriqoh dengan perolehan 58.495 suara.

Sementara Nisya Ahmad sebenarnya juga turut meramaikan Pemilu 2024 lalu. Perolehan suaranya di bawah Thoriqoh, yakni 50.422 suara.

Ketua Divisi Teknis KPU Jabar Adie Saputro menjelaskan, pergeseran itu dikarenakan pihak Thoriqoh mengundurkan diri. “Jadi Bu Thoriqoh itu mengundurkan diri dari caleg terpilih,” jelasnya.

Adie melanjutkan, mekanisme penggantian calon terpilih itu sudah sesuai ketentuan. Dan KPU sendiri juga telah mengkonfirmasi kepada pihak partai politik ataupun yang bersangkutan.

Ketika ada pergantian sebelum dilantik maka mekanismenya memang tidak masuk dalam PAW. Tapi mekanisme penggantian calon terpilih. Biasanya karena faktor meninggal dunia, ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, atau mengundurkan diri itu sendiri.

“Kami klarifikasi. Kami undang parpol terkait, termasuk pihak yang mengundurkan diri,” sambungnya.

Adie menambahkan, pergeseran Anggota DPRD itu sebenarnya tidak hanya Nisya tapi ada beberapa nama lain. Misalnya sejumlah tokoh yang memilih untuk maju dalam Pilkada, contohnya Luky Hakim. Lalu ada beberapa yang disebabkan meninggal dunia.

“Jadi sudah clear semua, ada berita acara. Penetapan kami revisi, termasuk bu Thoriqoh,” imbuhnya.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan