Beri Wadah Bagi Lahirnya Grand Master Muda, ITB86 Kembali Gelar Kejuaraan Catur Pelajar Tingkat Nasional

JABAR EKSPRES – Kompetisi kejuaraan catur pelajar tingkat nasional, kembali digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Institut Teknologi Bandung (ITB) Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Minggu (1/9/2024).

Kejuaraan catur pelajar tingkat nasional tersebut, sengaja diselenggarakan oleh Komunitas Alumni ITB angkatan 1986, atau akrab disapa ITB86, yang berlangsung pada Minggu, 1 September 2024.

Ketua Panitia Kejuaraan Catur Pelajar Tingkat Nasional ITB86 Bidak Ganesa, Bayu Hanggoro mengatakan, sebanyak 420 peserta dari berbagai kategori kalangan pelajar turut berpartisipasi.

“Mulai dari Pra Sekolah, SD kelas 1-2-3, SD Kelas 4-5-6, hingga SMP dan SMA, akan bersaing untuk memperebutkan total hadiah senilai Rp 86.000.000,” katanya, Minggu (1/9).

BACA JUGA:Lengkapi Syarat Administrasi, 5 Paslon Kepala Daerah Kota Bogor Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Diketahui, ITB86 yang sejak 2016 telah aktif dalam berbagai kegiatan sosial, sengaja menggelar Kejuaraan Catur Pelajar Tingkat Nasional ITB86 Bidak Ganesha ke-4.

Terpantau dalam kegiatan, acara pembukaan dihadiri langsung oleh Rektor ITB, Prof Reini Wirahadikusumah, Ketua Ikatan Alumni ITB Gembong Primajaya, perwakilan KONI dan PERCASI Bandung-Jawa Barat.

“Kejuaraan ini akan menggunakan sistem Catur Cepat dengan durasi 15 menit + 5 detik per langkah, menggunakan Program Sistem Swiss Manager terbaru untuk penentuan pairing,” bebernya.

Bayu menerangkan, selain menghadirkan pertandingan yang kompetitif, panitia juga telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan para peserta.

“Mulai dari ruang tanding yang nyaman dan steril, ruang tunggu, dokumentasi foto dan video, hingga live streaming di Youtube,” terangnya.

BACA JUGA:Kemarau Datang, DKPP Kota Bandung Beberkan Komoditas Pangan yang Terdampak

Dalam pantauan Jabar Ekspres, suasana festival juga dimeriahkan melalui photobooth, bazaar, dan kehadiran figur maskot Bidak Ganesha serta superhero untuk menghibur keluarga peserta.

Bayu menjelaskan, sejak pertama kali diselenggarakan pada 2016 lalu, kejuaraan ini telah menjadi wadah bagi para pecatur muda, untuk menunjukkan kemampuan mereka secara sportif dan profesional.

“Kejuaraan ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian ITB86 terhadap pengembangan bakat pecatur muda Indonesia,” jelasnya.

Bayu berharap, dengan adanya kejuaraan ini, dapat melahirkan grand master-grand master catur baru, yang mampu mengharumkan nama Indonesia hingga di kancah internasional. Sesuai dengan semboyan mereka,

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan