Terpilih jadi Tuan Rumah Menpora Cup U-14 Nasional Fossbolindo 2024, Ini Kata Pj Wali Kota Banjar

JABAR EKSPRES – Kota Banjar terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Menpora Cup U-14 Nasional Fossbolindo tahun 2024. Turnamen bergengsi ini akan berlangsung mulai Rabu, 28 Agustus hingga 31 Agustus 2024.

Sebanyak 48 pertandingan digelar di dua lapangan sepak bola yang ada di Kota Banjar, dengan dua hari pertama dikhususkan untuk babak kualifikasi grup, dan dua hari berikutnya untuk babak 16 besar hingga final.

Keberhasilan Kota Banjar sebagai tuan rumah menjadi sorotan, mengingat hasil dari turnamen ini akan menentukan satu tim terbaik yang berhak mengikuti Internasional CUP Menpora di Jakarta pada tanggal 27 hingga 29 September 2024.

Selain itu, delapan tim terbaik juga akan diikutsertakan dalam International Friendship Football Championship (IFFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, yang akan berlangsung pada 16 hingga 23 Desember 2024.

BACA JUGA:Paslon Dikdik-Bagja Resmi Mendaftar Pilkada Cimahi 2024, KPU Siap Awasi Tahapan Pemilu

Ketua Umum Nasional Fossbolindo, Endang Wahyudin, menyatakan bahwa turnamen U-14 Nasional ini merupakan bagian dari program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Tujuannya adalah untuk mencari bibit-bibit pesepak bola handal yang diharapkan dapat direkomendasikan ke PSSI untuk masuk ke Timnas Indonesia di masa mendatang,” ungkapnya saat konferensi pers di Lapangan Sepak Bola Raharja Kota Banjar.

Lebih lanjut, Endang menjelaskan bahwa tim-tim yang berpartisipasi dalam turnamen ini merupakan hasil seleksi dari 23 provinsi, mulai dari Aceh hingga Papua.

“Juara dari turnamen ini akan mewakili operator Fossbolindo di kejuaraan Internasional U-14 Menpora CUP di Jakarta dan kompetisi di Kuala Lumpur,” tambahnya.

BACA JUGA:Pendaftaran Paslon di KPU Jabar Bakal Menumpuk di Hari Terakhir

Turnamen ini juga berfungsi sebagai ajang talent scouting untuk menemukan bibit-bibit yang dapat direkomendasikan kepada Federasi PSSI, baik untuk Timnas usia muda maupun Timnas pelajar di Kemenpora.

“Kami berharap melalui turnamen ini, akan lahir generasi baru pesepak bola Indonesia yang mampu bersaing di tingkat internasional,” pungkas Endang.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kota Banjar, Soedrajat Argadireja, yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Menpora Cup U-14 Nasional Fossbolindo 2024, mengungkapkan bahwa acara seperti ini menjadi pendorong kebangkitan olahraga, khususnya sepak bola, di Kota Banjar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan