RSUD Ciawi Resmikan Sigarda Mas, Ini Tujuannya!

JABAR EKSPRES – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD ) Ciawi resmi meluncurkan Strategi Optimalisasi Sistem Rujukan Gawat Darurat Berbasis Masyarakat (Sigarda Mas), Selasa (27/8).

Sigarda Mas sendiri merupakan sebuah inisiatif inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan penanganan kasus gawat darurat di Kabupaten Bogor.

Direktur Utama RSUD Ciawi, Dr. Fusia Meidiawaty mengatakan, Sigarda Mas mengintegrasikan teknologi modern dan keterlibatan masyarakat dalam sistem rujukan gawat darurat.

BACA JUGA: Bocoran Spesifikasi PS5 Pro Segera Rilis dalam Waktu Dekat

“Dengan peluncuran Sigarda Mas ini, kami ingin menghadirkan sistem yang tidak hanya lebih cepat dan efisien, tetapi juga lebih inklusif,” ujarnya.

Fusia percaya dengan melibatkan masyarakat dan memanfaatkan teknologi terkini, RSUD Ciawi dapat mengatasi tantangan dalam penanganan gawat darurat dengan lebih baik.

Ada empat inovasi utama dalam Sigarda Mas ini diantaranya, Optimalisasi Call Center dengan Telemedicine, Pemetaan Fasilitas Kesehatan dan Ambulans Desa, Alur Fast Track untuk Penyakit Risiko Tinggi dan Akses Call Center melalui WhatsApp.

Lebih lanjut, Fusia menambahkan, Sigarda mas itu diterapkan di enam kecamatan Kabupaten Bogor, mulai dari Kecamatan Ciawi, Cisarua, Megamendung, Cigombong, Caringin, dan Cijeruk.

BACA JUGA: Penyebab Mobil Ambulans Desa Wangunsari Lembang Terlibat Kecelakaan di Batujajar KBB

“Rencana pengembangan mencakup perluasan layanan di seluruh wilayah Kabupaten Bogor, termasuk penambahan layanan Fast Track untuk kasus-kasus stroke dan kegawatdaruratan ibu melahirkan,” tambahnya.

Peluncuran ini menegaskan komitmen RSUD Ciawi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan keselamatan jiwa masyarakat melalui kolaborasi yang erat dengan Puskesmas dan ambulans desa.

“Kami berharap Sigarda Mas dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat dan memberikan dampak positif yang signifikan,” pungkasnya. (SFR).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan