5 Upacara Adat Sunda Unik yang Jadi Daya Pikat Wisata di Jawa Barat

Seren Taun dilaksanakan setiap tanggal 22 Bulan Rayagung, bulan terakhir dalam kalender Sunda.

Upacara Seren Taun dimulai dengan upacara Ngajayak (Menjemput Padi) pada tanggal 18 Rayagung, dilanjutkan dengan upacara penumbukan padi, dan mencapai puncaknya pada tanggal 22 Rayagung.

baca juga : Rekomendasi 30 Pakaian Adat Indonesia untuk Upacara 17 Agustus

3. Reuneuh Mundingeun

Reuneuh Mundingeun, atau Bunting Kerbau, adalah tradisi turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat Sunda.

Tradisi ini diadakan sebagai wujud syukur dan untuk menyambut kehadiran seorang bayi yang dilakukan saat kehamilan mencapai 9 bulan, sebelum melahirkan.

Rangkaian acara tradisi ini meliputi pengajian, pengalungan klotok yang mirip kerbau, dan pengarakan ibu hamil ke kandang kerbau sambil membaca doa.

Jika tidak ada kandang kerbau, pengarakan dilakukan dengan mengelilingi rumah sebanyak tujuh kali.

Tujuan dari ritual adat ini adalah agar wanita hamil tersebut segera melahirkan dengan selamat dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Sisingaan

Selain sebagai salah satu upacara adat Jawa Barat, sisingaan juga sudah terkenal sebagai kesenian asli daerah Subang yang menunjukkan kreativitas warga.

Sisingaan adalah sebuah upacara yang diadakan bagi seorang anak laki-laki yang akan dikhitan atau disunat. Anak laki-laki ini disebut sebagai pengantin sunat.

Sebelum khitan, anak akan diarak mengelilingi kampungnya dengan duduk di atas kursi yang dihias-hias serupa singa, disebut juga sebagai jampana.
Empat orang pemuda lalu mengangkat jampana tersebut dan mengarak si anak berkeliling, diiringi juga oleh musik tradisional seperti kendang, kecrek, kempul, dan lain-lain.

Masyarakat Subang melihat singa sebagai simbol perjuangan masyarakat Subang melawan penjajah. Dengan menaiki singa, pengantin sunat diharapkan akan menjadi generasi penerus bangsa yang pemberani.

Kalau beruntung, kamu bisa melihat tradisi sisingaan ini ketika berkunjung ke Subang dan merasakan sendiri betapa meriahnya upacara ini berlangsung.

5. Upacara Nadran

Upacara adat Nadran berasal dari daerah Indramayu dan Cirebon. Sesuai dengan keadaan geografisnya yang dekat dengan laut, banyak masyarakat di daerah Indramayu dan Cirebon yang bekerja sebagai nelayan. Upacara adat Nadran ini dilakukan oleh para nelayan dan dikenal juga sebagai pesta laut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan