Sekretariat DPRD Kota Cimahi Alokasikan Rp 200 Juta untuk Pelantikan Dewan, Padahal Segini Anggarannya!

JABAREKSPRES – 45 Anggota terpilih DPRD Kota Cimahi pada 26 Agustus 2024 nanti akan melaksanakan pelantikan yang digelar di ruang paripurna.

Sekretaris Dewan ( Sekwan) Kota Cimahi Totong Solehudin telah mempersiapkan berbagai keperluan untun melanksanakan pelantikan itu.

Untuk anggaran Totong menyebutkan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 200 juta yang akan digunakan untuk biaya persiapan dan pelaksanaan pelantikan.

‘’Jadi untuk segala persiapan administratif untuk pelantikan telah diselesaikan, tinggal pelaksanaannya saja,’’ jelas Totong ketika ditemui Jabareskpres.com, (10/08/2014).

Untuk pelantikan ini, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan KPU Kota Cimahi untuk memastikan seluruh persyaratan anggota dewan yang akan dilantik telah sesuai aturan.

Berkas persyaratan ini juga sudah dikirimkan ke Gubernur dan ditembuskan ke Kemendagri.

Sementara itu, ketika disinggung mengenai peruntukan anggaran Rp 200 juta, Totong mengatakan, pada pelaksanaannya nanti untuk keperluan makan dan minum, sewa tenda, sound sistem, dan pernak-pernik lainnya.

Sementara untuk jumlah tamu undangan yang kemungkinan akan hadir dalam pelantikan tersebut, ada sekitar 1.000 tamu undangan.

Elemen masyarakat, Tokoh, Gubenur, Para Pejabat Provinsi dan pusat juga diundang. Termasuk konstituen dari anggota DPRD terpilih.

Kegitan ini akan dipersiapkan dengan matang. Sebab, pelantikan merupakan acara sangat penting dan sakral dalam pengambilan sumpah sebagai anggota dewan selama masa jabatan lima tahun.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran yang ada pada Sistem Rencana Umum Penggaran (SIRUP) Sekretaria DPRD Kota Cimahi tidak menjelasakan secara detail kebutuhan biaya pelantikan anggota dewan itu.

Hanya saja, dari data yang telah diinput di SIRUP total anggaran makan dan minum sebesar Rp 4,77 miliar.

Ada 13 kali input yang tercatat di dalam SIRUP yang dilakukan pada Januari 2024.

Adapun untuk anggaran mamin yang diperkirakan untuk pelantikan tercatat ada dua item dengan keterangan Belanja Makanan dan Minuman Jamuan Tamu Rp 200 juta dan Rp 1 miliar.

Sedangkan untuk belanja mamin terbesar Rp 1,8 miliar dengan kode 47107876 dimnana semua pengadaan tersebut melalui Swakelola dan E-Purchasing atau penunjukan langsung.

Selain itu, untuk input data lainnya, Sekwan juga merencanakan anggaran sewa tanaman sebesar Rp 76 juta. Belanja sewa peralatan komunikasi untuk Dokumentasi Rp 33 juta.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan