Tanamkan Cinta Sejarah Lokal, Pemkot Cimahi Beri Edukasi pada Pelajar Usia Dini

JABAR EKSPRES, CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi mulai memperkenalkan sejarah kota kepada anak-anak usia dini. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk edukasi dasar agar generasi muda lebih mengenal dan mencintai Kota Cimahi.

Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi, menyampaikan pentingnya pengenalan sejarah sejak usia dini agar lebih mencintai Kota Cimahi.

“Kami kumpulkan sejarah Kota Cimahi dan disampaikan kepada anak-anak agar mengenal sejarah dan semakin mencintai Kota Cimahi,” ujar Dicky Saromi, Jumat (2/8).

BACA JUGA:2 Wisatawan Asal Arab Tenggelam di Pelabuhanratu

Pengenalan sejarah ini dilakukan dengan melibatkan berbagai pegiat sejarah dan komunitas di Kota Cimahi. Salah satu langkah yang diambil adalah pembuatan buku cerita anak yang mengangkat latar belakang sejarah Kota Cimahi.

Selain itu, Pemerintah Kota Cimahi juga bekerja sama dengan komunitas Read Aloud Cimahi, Kampung Dongeng Cimahi, dan komunitas lainnya untuk melakukan kegiatan story telling kepada anak-anak.

“Dinas bersama komunitas Read Aloud Cimahi, Kampung Dongeng Cimahi, dan komunitas lain melakukan story telling kepada anak-anak. Mereka merupakan generasi emas,” kata Dicky.

“Kami bercerita kisah yang terinspirasi sejarah Kota Cimahi, disampaikan kepada anak-anak sehingga bisa memiliki nilai untuk kehidupan dan juga mengenal kotanya,” sambungnya.

BACA JUGA:TBC di Jabar Masih Tinggi, Begini Upaya Kemenkes Turunkan Kasus

Lebih lanjut, Dicky menambahkan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Disarda) serta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi bekerja sama dalam upaya ini.

Program ini dimulai dengan pembinaan kepada guru PAUD/TK dan SD, agar dapat menstimulus semangat belajar anak-anak serta menanamkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal.

“Diawali pembinaan kepada guru PAUD/TK dan SD. Sehingga dapat menstimulus anak-anak agar semangat belajar, mendapat nilai budaya, kearifan lokal dan juga semakin mencintai Kota Cimahi,” tandasnya. (Mong)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan