Danamon Umumkan Kinerja Keuangan Semester I-2024, Pertumbuhan Dobel Digit yang Kuat Pada Funding dan Lending

JABAR EKSPRES – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), mengumumkan Laporan Keuangan pada Semester I-2024. Danamon berhasil mencapai pertumbuhan tahunan dua digit untuk total Kredit dan Dana Pihak Ketiga.

Direktur Utama, PT Bank Danamon Indonesia Tbk., Daisuke Ejima mengatakan, hal ini didukung oleh pertumbuhan berkelanjutan di seluruh lini bisnis (Enterprise Banking & Financial Institution, Consumer Banking, SME Banking & Adira Finance).

“Optimalisasi jaringan kantor dan pendekatan ekosistem turut berkontribusi dalam pencapaian finansial di semester ini,” ujar Daisuke Ejima dalam keterangan resmi yang diterima di Bandung pada Kamis (1/8/2024).

Lebih lanjut Dia memaparkan, Total Kredit termasuk Trade Finance meningkat sebesar 14 persen Year-on-Year (YoY) menjadi Rp183,9 triliun. Sejalan dengan pertumbuhan kredit, Dana Pihak Ketiga meningkat sebesar 15 persen YoY menjadi Rp 146,1 triliun disokong oleh pertumbuhan Granular Funding sebesar 10 persen pada semester pertama tahun 2024.

“Pertumbuhan kredit juga diiringi dengan kualitas aset yang terus terjaga. Hal ini tercermin dari rasio cakupan Non-Performing Loan (NPL) yang meningkat menjadi 263,2 persen dari 259,9 persen pada tahun lalu dan rasio Gross NPL membaik 10bps YoY menjadi 2,2 persen,” paparnya.

Dari sisi rentabilitas, Danamon mencatatkan kenaikan Pendapatan Operasional menjadi Rp9,4 triliun, yang didukung oleh pertumbuhan pendapatan bunga bersih dan pendapatan komisi.

“Danamon berhasil membukukan Pre-Provision Operating Profit (PPOP) Rp4,3 triliun ditopang oleh kenaikan Pendapatan Operasional dengan tetap memprioritaskan investasi berkelanjutan untuk pembangunan fondasi bisnis. Pencapaian tersebut berkontribusi terhadap Laba Bersih Setelah Pajak (NPAT) sebesar Rp1,5 triliun,” lanjutnya.

Komitmen untuk Terus Bertransformasi sebagai One Financial Group

Bersama MUFG sebagai perusahaan induk dengan jaringan global dan lokal serta grup perusahaan (Adira Finance, Home Credit Indonesia, Mandala Finance, dan Zurich Indonesia) juga mitra strategis lainnya, Danamon berkomitmen untuk terus bertransformasi sebagai satu grup finansial guna menjadi mitra keuangan terpercaya yang berorientasi kepada nasabah.

Danamon akan terus berinovasi untuk tumbuh bersama menjadi grup finansial terkemuka yang memenuhi kebutuhan nasabah, karyawan, pemegang saham dan regulator.

Sebagai refleksi dari komitmen untuk terus bertransformasi, Danamon dengan bangga mengumumkan pembaruan dari logo Danamon yang diluncurkan bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke-68 pada tanggal 16 Juli 2024. Pembaruan logo akan dilakukan secara bertahap, oleh karena itu, akan ada dua logo yang digunakan secara bersamaan di publik yaitu logo sebelum dan sesudah pembaruan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan