Kadisbudparpora Kota Cimahi Ajak Pemuda Berperan Aktif dalam Mendorong Wisata Kota

JABAR EKSPRES – Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Kadisbudparpora) Kota Cimahi, Achmad Nuryana mengajak generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam mendorong pariwisata di kota ini.

Ia juga mengundang masyarakat luar untuk mengunjungi Cimahi, yang memiliki banyak destinasi wisata menarik seperti Desa Cireundeu sebagai cagar budaya, Ecowisata (Ecowic), dan lainnya.

Menurutnya, pentingnya peran pemuda dalam mempromosikan dan mengembangkan sektor pariwisata di Kota Cimahi.

BACA JUGA: PKS Jabar Bakal Temui PKB, Bahas Acep Adang Ruhiat

“Generasi muda harus ikut membantu mempromosikan pariwisata, paling tidak kita dapat menciptakan destinasi wisata yang membutuhkan dukungan dari mereka,” ujarnya pada Jabar Ekspres, Rabu (31/7).

Achmad juga mengingatkan pentingnya peran aktif masyarakat dalam lingkungan mereka untuk meningkatkan perekonomian. Menurutnya, dengan meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam sektor pariwisata, akan ada dampak positif terhadap ekonomi lokal.

“Minimal di media sosialnya bikin promosi supaya orang mau datang ke Cimahi. Kan kalau banyak yang datang, misalnya sehari dua hari, bisa menginap di hotel Cimahi, makan, jajan di Cimahi. Otomatis ekonomi berputar,” jelasnya.

BACA JUGA: Alasan CPNS 2024 Mundur ke Agustus, MenpanRB Sampaikan Hal Ini

Selain itu, ia menyoroti beberapa indikator yang menjadi tolak ukur Indeks Pembangunan Kepemudaan seperti ekonomi, pembangunan, kesehatan, gender, dan politik.

“Kita bermitra dengan KNPI, guru-guru, juga dinas pendidikan, dalam membina siswa-siswi untuk bersinergi meningkatkan potensi besar dari para pemuda harapan bangsa ini,” tambahnya.

Achmad juga menekankan pentingnya mengalihkan energi pemuda ke hal-hal positif, seperti seni, budaya, olahraga, dan pariwisata.

BACA JUGA: Breaking News: Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Tewas Terbunuh di Teheran Iran

Salah satu contoh konkretnya adalah belajar animasi di Techno Park, yang dapat dimanfaatkan oleh generasi muda.

“Antara pariwisata dan kebudayaan harus bersinergi satu sama lain dalam pengembangan pariwisata,” ujarnya.

Lebih lanjut, Achmad menegaskan tujuan utamanya adalah membina rasa cinta generasi muda terhadap kota mereka sendiri, agar mereka dapat berkontribusi positif bagi masyarakat dan ekonomi setempat.

BACA JUGA: Ronald Tannur Divonis Bebas, Komnas Perempuan: Cederai Keadilan untuk Korban

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan