Ketua DPW NasDem Jabar Saan Mustopa Raih Gelar Doktor Di Unpad Bandung

JABAR EKSPRES – Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat (Jabar), Saan Mustopa berhasil meraih gelar Doktor pada Program Ilmu Politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (Unpad) di Graha Sanusi Kota Bandung, Jumat (26/7/2024).

Dalam sidang promosi doctor tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. Turut hadir juga bakal Calon Gubernur Jakarta, Anies Basdewan dan juga bakal calon Gubenrur Jabar dari Partai NasDem, Ilham Akbar Habibie.

Saan yang juga anggota DPRRI dari Partai NasDem itu berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Pemikiran Politik Surya Paloh, Mengenai Studi Restorasi Indonesia Melalui Nasionalisme dan Demokrasi Pancasila. Di depan tim penguji Saan mengedepankan cara politik Surya Paloh yang juga Ketua Umum Partai NasDem.

“Kami nyatakan saudara Saan Mustopa lulus dalam Program Doktor Ilmu Politik dengan Yudisium sangat memuaskan. Sesuai dengan tradisi mulai hari ini saudara berhak menggunakan gelar doctor,” ucap Prof. Widya Setiabudi Sumadinata selaku pimpinan sidang promosi doctor.

Baca juga : Perwakilan DPW Nasdem Jabar Datangi Kerjasama Koalisi ‘Alus Pisan’, DPD Kabupaten Bandung Sebut Hanya Mewakili Personal

Dalam ringkasan disertasi yang dibacakan, Saan menyampaikan beberapa gagasan-gagasan demokrasi oleh Surya Paloh, terutama menghadirkan media sebagai upaya untuk menuntaskan rezim. Sejumlah pertanyaan juga dilontarkan para penguji termasuk Ketua Promotor Prof. Muradi Clark.

“Saya berharap (melalui) didikan dan capaian di bidang akademis ini bisa mewarnai perjalanan politik ke depan dan mudah-mudahan bermanfaat sehingga politik menjadi lebih rasional. Politik menjadi lebih objektif, juga langkah-langkah politiknya juga ke depan menjadi semakin baik,” tutur Saan.

Terkait subjek penelitian, Saan menilai Surya Paloh memiliki pemikiran yang sangat kontekstual dan dibutuhkan di masa sekarang. Saan mendapatkan pandangan dari Pak Surya bukan hanya mengatur partai, mengelola partai. Tapi juga punya pandangan-pandangan dari Pak Surya, terutama dalam pemikirannya.

“Menurut saya itu menarik kalau diteliti dan dijadikan disertasi. Karena beliau punya originalitas dan ini sangat kontekstual. Apalagi, Pak Surya Paloh merupakan sosok yang sangat dekat dengan seluruh kader, sehingga tidak sulit baginya menggali pemikiran beliau,” terang Saan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan