Ini Keuntungan Punya Golden Visa yang Didapatkan Shin Tae Yong dari Jokowi

JABAR EKSPRES – Shin Tae Yong, yang dikenal sebagai Pelatih Timnas Indonesia, diberikan golden visa oleh Presiden Jokowi.

Pemberian secara simbolis tersebut dilaksanakan dalam acara peluncuran Golden Visa di The Ritz-Carlton Hotel, Jakarta, pada Kamis (25/7/2024).

Tujuannya adalah memberikan kemudahan kepada warga negara asing untuk berinvestasi dan juga berkarya di Indonesia.

Pada acara penyerahan tersebut, meskipun sang pelatih baru saja menjalani operasi, ia terlihat dalam kondisi sehat dan terus menebarkan senyuman sepanjang acara, menunjukkan kebahagiannya.

Di samping peluncuran tersebut, simak apa itu golden visa dan keuntungan memilikinya berikut ini.

Apa Itu Golden Visa dan Keuntungannya?

Dikutip dari laman kemenparekraf.go.id, golden visa adalah inovasi terbaru dari visa rumah kedua  (Second Home Visa) yang menargetkan investor, pebisnis internasional, talenta global, dan wisatawan asing yang memenuhi syarat-syarat tertentu.

Salah satu keunggulan dari kebijakan Golden Visa adalah memberikan izin tinggal di Indonesia selama lima hingga sepuluh tahun kepada investor asing dengan syarat tertentu terkait jumlah investasi.

Presiden Jokowi saat memberikan sambutannya di acara Peluncuran golden visa tersebut, mengungkapkan bahwa pemerintah memperkenalkan layanan golden visa untuk memudahkan Warga Negara Asing (WNA) berinvestasi dan berkontribusi di Indonesia.

Tujuannya adalah untuk menarik lebih banyak wisatawan berkualitas yang dapat berinvestasi dan produktif selama tinggal di Indonesia.

“Sehingga menarik lebih banyak good quality travelers untuk invest while stay dan productive while stay,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menekankan pentingnya pengawasan yang ketat untuk memastikan bahwa hanya mereka yang memberikan manfaat dan tidak membahayakan keamanan negara yang akan mendapatkan golden visa.

“Jangan sampai justru meloloskan orang-orang yang membahayakan keamanan negara, meloloskan orang-orang yang tidak memberi manfaat secara nasional,” jelas Jokowi.

BACA JUGA: Info Visa Jemaah Haji Indonesia 2024, Kemenag: 195.917 Visa Sudah Terbit

Diketahui kebijakan ini telah direncanakan sejak tahun 2022 dan melalui proses matang pada tahun 2023 sebelum akhirnya diluncurkan.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, ia percaya bahwa kehadiran investor yang menggunakan golden visa dapat menghasilkan efek positif terhadap industri pariwisata, termasuk meningkatkan jumlah perjalanan wisata.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan