Anggaran Seragam Anggota DPRD Kota Bandung Baru Tembus Rp489 Juta, Beda Jauh Dengan ASN Kecamatan

JABAR EKSPRES – Sebanyak 50 anggota DPRD Kota Bandung terpilih bakal segera dilantik. Wakil rakyat periode 2024-2029 itu juga bakal mendapat seragam baru.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung merencanakan pelantikan wakil rakyat hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 itu pada 5 Agustus 2024 nanti. Sehingga pelantikan itu tinggal menghitung hari.

Di sisi lain, Sekretariat DPRD Kota Bandung juga ancang-ancang untuk menyambut para wakil rakyat baru itu. Salah satunya menyiapkan kebutuhan seragam baru.

BACA JUGA:Ini Jadwal Pelantikan Anggota DPRD Banjar Terpilih Hasil Pileg 2024

Berdasarkan data Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) yang diakses Kamis (25/7), tercatat anggaran untuk seragam baru itu tidak sedikit. Total pagunya tembus di angka Rp489 juta. Anggaran itu untuk 50 anggota DPRD baru.

Rinciannya, belanja pakaian adat daerah dengan spesifikasi bahan wool italy atau england. Kemudian belanja pakaian sipil lengkap (PSL) spesifikasi bahan wool italy atau england, belanja pakaian sipil harian (PSH) spesifikasi bahan wool italy atau england.

Lalu belanja pakaian sipil resmi (PSR) dengan spesifikasi yang sama. Serta lencana Korpri berbahan dasar logam kuningan dengan ukuran panjang 3 cm dan lebar 2,5 cm.

BACA JUGA:Pj Gubernur Jabar Beri Sinyal Dukungan, DPRD Kota Bogor Semangat Perjuangkan Pengesahan Raperda Pinjol

Jika dicermati, porsi anggaran tiap anggota DPRD itu adalah sekitar Rp 9,7 juta. Dihitung dari Rp 489 juta dibagi 50 orang. Dengan porsi anggaran tersebut, tiap anggota DPRD mendapat 4 seragam lengkap dengan lencana Korpri kuningan.

Porsi anggaran itu cukup timpang jika dibandingkan anggaran pengadaan pakaian dinas di tingkat kecamatan. Misalnya berdasar data LPSE Kota Bandung, ada pengadaan seragam ASN di Kecamatan Panyileukan dengan pagu anggaran Rp 87,5 juta.

Anggaran itu diperuntukkan 48 orang. Rinciannya untuk name tag, kain pakaian dinas harian (PDH) hitam dan kain pakaian dinas harian (PDH) putih, sepatu PDH, ongkos jahit dan lencana Korpri bahan kuningan.

Jika dihitung porsi tiap ASNnya sekitar Rp 1,8 juta. Itu diperuntukkan name tag, 2 kain PDH, sepatu, ongkos jahit dan lencana kuningan.(son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan