Jemaah Haji Kloter Terkahir Tiba di Tanah Air, Sekjen Kemenag beri Sambutan hingga Berpesan Hal Ini

JABAR EKSPRES – Jemaah haji Embarkasi Jawa Barat kelompok terbang (Kloter) JKS-63 yang berasal dari Kota Bekasi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Pangandaran telah tiba di Asrama Haji Bekasi, Minggu (21/7/2024) sekira pukul 16:00 WIB.

Kepulangan jemaah haji kloter JKS-63 ke tanah air ini menandakan Fase Debarkasi Jakarta-Bekasi telah usai. Kedatangan para jemaah pun medapat sambutan dari sejumlah petinggi di jajaran Kementrian Agama (Kemenag) RI, serta penyelenggara haji dan umrah.

“Alhamdulillah saya melihat wajah-wajah sumringah para bapak ibu jemaah haji yang mencerminkan kelegaan telah selesai menunaikan ibadah haji dan telah kembali lagi dalam pelukan keluarga tercinta,” kata Sekjen Kemenag RI, Muhamad Ali Ramdhani saat menyambut kedatangan para jemaah haji.

BACA JUGA:17 Tahun Berdiri, Tb Ardi Januar Soroti Masalah Krusial di Bandung Barat

Selain memberikan sambutan, Ali juga berpesan agar para jemaah haji melanjutkan ritme ibadah seperti saat berada di tanah suci. Serta dapat menjaga kemabruran haji.

“Mari kita mengkulturalkan pola-pola ibadah kita pada saat di tanah suci, dimana pada tiap waktu salat dan ibadah lainnya selalu dilakukan dengan khusyuk,” ujarnya.

Ali juga mendoakan agar para jemaah dapat menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

Kemudian, terkait dengan masih adanya jemaah yang masih berada di Arab Saudi karena sakit, ia meminta agar para jemaah lainnya ikut mendoakan mereka. Terlebih untuk jemaah yang telah wafat saat berhaji.

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Layanan, RSUD Al Ihsan Kini Miliki 23 Inovasi

Selain itu, Ali juga mengaku berterima kasih kepada para jemaah yang telah menjaga marwah saat berada di tanah suci.

“Penilaian para jemaah haji ini juga turut diutarakan oleh Pemerintah Arab Saudi bahwa jemaah haji Indonesia adalah jemaah haji yang paling tertib, disiplin, dan teratur,” papar Ali.

Sementara itu, terkait pelayanan dalam pelaksaan ibadah haji, Ali mengaku sangat berterimakasih karena para jemaah bersedia untuk bersabar, serta memohon maaf karena masih adanya kekurangan.

BACA JUGA:Pilkada Kota Bogor, PKB dan PKS Matangkan Peluang Berkoalisi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan