Rudy Susmanto Sebut RPJPD 2025-2045 Kabupaten Bogor Harus Jadi Acuan Visi Misi Pasangan Calon Pilkada 2024

JABAR EKSPRES – DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Bogor baru saja menyetujui Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045. Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, menyatakan bahwa Perda tersebut menjadi acuan utama arah pembangunan Kabupaten Bogor selama 20 tahun ke depan.

“RPJPD 2025-2045 harus menjadi pedoman rencana pembangunan dalam 20 tahun ke depan. Siapapun yang menjadi kepala daerah nantinya, visi dan misi pembangunannya harus selaras dengan RPJPD ini,” kata Rudy Susmanto, Sabtu 13 Juli 2024.

Rudy menambahkan bahwa RPJPD nantinya akan dipadatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). RPJMD, yang mencakup jangka waktu lima tahun, tidak boleh bertentangan dengan RPJPD.

BACA JUGA: Deden Andri Saputra Nyatakan Siap Maju di Pilwalkot Cimahi 2024-2029

Demikian pula dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang merinci prioritas kerja perangkat daerah dalam pembangunan satu tahun anggaran.

Pada tahun ini, DPRD bersama Pemkab Bogor juga sedang menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2024-2043. Rudy menekankan pentingnya penyusunan dokumen perencanaan yang terintegrasi, arif, dan bijaksana untuk memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat.

Dokumen perencanaan dan RT RW yang terintegrasi, tegas Rudy, menjadi kunci utama keberhasilan pembangunan dan penataan wilayah Kabupaten Bogor. Dengan demikian, pelaksanaannya bisa lebih terarah dan optimal, serta visi dan misi daerah dapat selaras dengan visi dan misi provinsi serta pusat.

BACA JUGA: Kolaborasi KLHK dan HA-E IPB Bikin Bogor Tambah Hijau

“Jadi kita membangun dari Kabupaten Bogor untuk Indonesia,” cetus dia.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bogor juga tengah menyusun rancangan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2025-2029.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika, menyatakan bahwa penyusunan ini sudah mengerucut ke berbagai program prioritas, mulai dari sektor kesehatan hingga pendidikan.

“Rancangan teknokratik RPJMD ini nantinya akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum dan menjadi bagian dari bahan visi misi bupati terpilih,” ujar Ajat di Cibinong, Rabu 10 Juli 2024.

BACA JUGA: Messi Siap Balaskan Dendam untuk Suarez di Final Copa America, Pertandingan Argentina Lawan Kolombia Diprediksi Berjalan Keras

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan