Dialog Publik Bakal Calon Walikota Cimahi 2024-2029 Digelar di Pendopo DPRD

JABAR EKSPRES – Dialog publik bakal calon walikota Cimahi periode 2024-2029 yang digelar oleh Forum Wartawan Cimahi (Forwatch) dan Masyarakat Peduli Cimahi (MPC) di pendopo DPRD Kota Cimahi pada Kamis, 11 Juli 2024. Acara ini dihadiri oleh sejumlah lembaga masyarakat, perwakilan partai politik, serta tokoh-tokoh masyarakat setempat.

Ketua Bawaslu Kota Cimahi, Fathir Rizkia Latif, menegaskan pentingnya dialog publik sebagai salah satu upaya pencegahan dan pendidikan politik bagi masyarakat dalam menghadapi pemilihan walikota tahun 2024.

Menurutnya, dialog publik diharapkan dapat membantu membentuk figur pemimpin yang akan memimpin Kota Cimahi ke depan.

“Terkait diskusi publik ini, untuk kami dari Bawaslu adalah salah satu upaya pencegahan dan pendidikan politik bagi masyarakat. Harapannya dalam menyongsong pemilihan tahun 2024 ini, dengan ada diskusi publik dalam membentuk figur pemimpin yang akan memimpin Kota Cimahi ke depan,” kata Fathir pada Jabar Ekspres.

Ia juga menekankan, peran partai politik dalam konteks Pilkada sebagai pengusung calon walikota dan wakil walikota. Fathir berharap partai politik tidak hanya memberikan dukungan kepada calon, tetapi juga memberikan edukasi dalam pelaksanaan pemilihan.

“Harapannya partai politik, sebagaimana diamanatkan undang-undang partai politik, selain memberikan dukungan juga memberikan edukasi dalam pelaksanaan pemilihan,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Cimahi, Mardi Santoso, menekankan pentingnya peran serta masyarakat dalam mensukseskan Pilkada yang akan datang.

“Tadi sudah disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Cimahi, acara semacam ini baik untuk bisa menjadi salah satu peran serta komponen masyarakat di dalam menyampaikan, menghimbau, dan menginformasikan bahwa kita sebentar lagi akan melaksanakan pesta demokrasi dalam hal ini adalah Pilkada,” ujar Mardi.

Mardi juga menekankan pentingnya kebersamaan semua pihak agar Pilkada dapat berjalan lancar, aman, jujur, dan adil. Ia mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga kondusifitas di Cimahi selama proses Pilkada.

“Itu merupakan kebersamaan semua agar Pilkada nanti bisa berjalan dengan lancar, aman, jujur, dan adil. Dan tentunya sama-sama menjaga kondusifitas di Cimahi,” katanya.

Lebih lanjut, Mardi memastikan pemerintah daerah siap mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada. Ia menyatakan, seluruh perangkat daerah, bersama dengan TNI, Polri, kejaksaan, dan unsur Forkopimda, siap bekerja sama untuk menyukseskan Pilkada.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan