Jadwal Lengkap Puasa Muharram 2024 M, Termasuk Puasa Tasua dan Asyura

JABAR EKSPRES – Bulan Muharam merupakan salah satu bulan penting dalam sejarah Islam. Karena di bulan ini ada peristiwa besar yang menandai meluasnya wilayah dakwah Rosulullah hingga ke Madinah, jadwal puasa di bulan Muharram akan kamu dapatkan dalam tulisan ini.

Sejak itu pula Bulan Muharam merupakan bulan pertama pada penanggalan Islam atau disebut dengan Hijriyah, ini karena pindahnya atau Hijrah Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah.

Sebagai salah satu bulan yang istimewa ada amalan yang luar biasa dan hanya ada di bulan ini, yakni puasa sunah Tasua dan Asyura.

Baca juga : 5 Keutamaan Bulan Muharam yang Harus Kamu Tahu

Salah satu amalan yang banyak keutamaan di bulan Muharram adalah berpuasa. Karena ini merupakan puasa yang paling utama, seperti yang diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., ia menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ
اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعدَ الفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ. (رواه مسلم

Artinya: “Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa ia berkata: “Rasulullah saw bersabda: ‘Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, Muharram, dan salat yang paling utama setelah salat fardhu adalah salat malam.’” (HR Muslim).

Ada beberapa lagi amalan sunah yang bisa dilakukan selama bulan Muharam, berikut daftar lengkap jadwal puasa sunah selama Muharam.

Jika mengacu pada kalender Hijriyah Indonesia Tahun 2024 M / 1446 H yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama RI, maka 1 Muharram jatuh pada 7 Juli 2024.

Baca juga : Jadwal Lengkap Puasa Sunnah di Bulan Muharam, Catat Jangan Sampai Terlewat

Jadwal Puasa Muharram 1446 H / 2024 M

Puasa 1-8 Muharram: 7-14 Juli 2024
Puasa Tasua (9 Muharram): 15 Juli 2024
Puasa Asyura (10 Muharram): 16 Juli 2024
Puasa 11 Muharram: 17 Juli 2024
Puasa Ayyamul Bidh: 19-21 Juli 2024

Hari-hari di bulan ini yang lebih utama untuk berpuasa, berdasarkan hadits dan penjelasan ulama, adalah sepuluh hari pertama Muharram. Termasuk hari Tasua (9 Muharram), hari Asyura (10 Muharram) dan tanggal 11 Muharram.

“Rasulullah berkata, bahwa seandainya tahun depan Beliau masih hidup, Beliau akan melaksanakan puasa tanggal 9 Muharram. Namun, Rasulullah SAW tidak sempat melaksanakannya karena keburu meninggal dunia.” (HR Muslim)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan