Benarkah Kopi Hitam tanpa Gula Bisa Membakar Lemak Berlebih?

JABAR EKSPRES – Kopi hitam tanpa gula telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin meningkatkan energi mereka tanpa menambahkan kalori ekstra.

Namun, selain sebagai pengganti minuman penambah energi, kopi hitam juga diklaim memiliki potensi untuk mendukung program penurunan berat badan.

Baca juga : 5 Khasiat Minum Air Kunyit dan Jahe Setiap Hari Bagi Tubuh

Ahli diet dari Preg Appetit, Ashley Shaw, RD, menjelaskan bahwa kopi hitam tanpa gula dapat berkontribusi dalam proses penurunan berat badan.

Menurutnya, konsumsi kopi dalam jumlah sedang dan tanpa pemanis tambahan dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan memberikan manfaat kesehatan secara menyeluruh, seperti yang dilansir dari Business Insider.

Kandungan kafein dalam kopi dikenal dapat meningkatkan proses penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain itu, kopi hitam mengandung nutrisi penting seperti potasium, magnesium, niasin, dan antioksidan, yang tidak hanya mendukung kesehatan pencernaan tetapi juga meningkatkan fungsi otot dan kesehatan jantung.

Studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2023 oleh Matthias Henn, dkk, menunjukkan bahwa minum kopi tanpa pemanis dikaitkan dengan penurunan berat badan yang sedikit.

Di sisi lain, penambahan gula ke dalam kopi justru dikaitkan dengan peningkatan berat badan.

Penelitian yang dilakukan Harvard of Public Health memeriksa data dari tiga studi kesehatan utama dan menemukan bahwa minum satu cangkir kopi setiap hari (baik yang mengandung kafein maupun tidak) dikaitkan dengan penurunan berat badan sekitar 0,12 kilogram selama periode 4 tahun.

Ashley Shaw merekomendasikan untuk minum sekitar 4 cangkir kopi sehari atau setara dengan 400mg kafein untuk mendapatkan manfaat kopi dalam menurunkan berat badan.

Jumlah ini dianggap optimal untuk merasakan manfaat dari peningkatan metabolisme lemak tanpa mengganggu pola tidur atau meningkatkan rasa lapar.

Jika seseorang lebih suka kopi yang lebih pekat, disarankan untuk mengurangi jumlah konsumsi atau memilih kopi yang tidak mengandung lebih dari 400mg kafein per hari.

Shaw juga menekankan bahwa kopi yang dikenal sebagai ‘kuat’ memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi karena konsentrasi kopi per volume airnya lebih besar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan