Mulai Besok, Ini Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Bulan Juni 2024

JABAR EKSPRES – Puasa ayyamul bidh atau puasa tengah bulan merupakan puasa yang rutin dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Meski hanya puasa sunnah namun keutamaannya sangat besar. Pelaksanaan puasa tengah bulan ini dilakukan saat bulan sedang bersinar terang atau saat bulan purnama.

Untuk bulan Dzhulhijjah atau bulan Juni ini, jadwal puasa tengah bulan ini agak berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya.

Jika biasanya, puasa ini dimulai dari tanggal 13 hingga 15 setiap bulannya, namun di bulan Dzulhijjah, permulaan puasa mundur sehari menjadi tanggal 14 hingga 16 Dzulhijjah.

Hal ini karena setiap bulan Dzulhijjah, kita akan merayakan Hari Raya Idul Adha di tanggal 10 Dzulhijjah dan dilanjutkan dengan 3 hari tasyrik, yakni tanggal 11,12 dan 13 Dzulhijjah.

Baca juga : Keutamaan Puasa Tarwiyah Dua Hari Menjelang Hari Raya Idul Adha

Sehingga di tanggal 13 masih termasuk hari tasyrik yang diharamkan untuk puasa.

Jadi untuk tahun ini puasa tengah bulan di bulan Dzulhijjah 1445 Hijriyah akan jatuh mulai tanggal 21 Juni hingga 23 Juni 2024.

Berikut Jadwal lengkap puasa ayyamul bidh Juni 2024 :

– Puasa pertama 14 Dzulhijjah 1445 Hijriyah pada 21 Juni 2024

– Puasa kedua 15 Dzulhijjah 1445 Hijriyah pada 22 Juni 2024

– Puasa ketiga 16 Dzulhijjah 1445 Hijriyah pada 23 Juni 2024.

Baca juga : Jadwal Lengkap Puasa di Bulan Dzulhijah, Ada Puasa Arafah Hingga Ayyamul Bidh

Dengan begitu, puasa tersebut akan dimulai pada besok, sehingga mulai malam ini sudah bisa membacakan niat untuk puasa Ayyamul bidh, dan jangan sampai lupa untuk menyantap makanan sahur agar bisa memberikan tenaga untuk beraktifitas seharian besok.

Sangat sayang jika puasa ayyamul bidh pada bulan dzulhijjah sampai terlewatkan, karena memiliki keutamaan yang besar. Seperti yang diungkapkan  Ustadz Kholid Basalamah dalam salah satu tausiahnya yang ditanyangkan di Channel Youtube pribadinya Khalid Basalamah Official, keutamaan Puasa Ayyamul Bidh adalah seperti berpuasa selama setahun.

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan