Diduga Keracunan Usai Santap Hidangan Hajatan, 7 Warga Lembang Dilarikan ke Rumah Sakit

JABAR EKSPRES – Sejumlah warga Kampung Keramat RT 03 RW 07, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengalami keracunan.

Mereka diduga mengalami keracunan setelah mengonsumsi hidangan hajatan di salah satu warga Desa Cikahuripan, pada Rabu (19/6/2024).

Kepala Desa Cikahuripan, Oman Haryanto membenarkan hal itu. Dia memaparkan, berdasarkan laporan, warga yang diduga alami keracunan mengeluhkan gangguan kesehatan mulai dari mual serta pusing, dan muntah-muntah.

“Korban masih kita data, yang pasti sudah lebih dari 7 warga yang dibawa ke rumah sakit umum daerah Lembang dan Puskesmas Lembang,” kata Oman saat dihubungi, Rabu (19/6/2024).

Oman menyebut dugaan keracunan yang dialami warganya itu terjadi beberapa jam setelah mereka mengonsumsi hidangan hajatan yang digelar pada Rabu siang.

Namun, Oman belum bisa memastikan penyebab keracunan warganya. Dia masih menunggu hasil pemeriksaan sampel makanan oleh petugas. Berdasarkan laporan dari petugas keseharan sampel makanan yang dikonsumsi warga dalam hajatan tersebut juga akan diambil.

“Hajatannya sederhana, tamu yang datang sekitar 50 orang, dan enggak semua warga yang datang mengalami keluhan kesehatan. Jadi ini masih diduga, dan kita menunggu kabar dari petugas medisnya,” paparnya.

Disinggung mengenai adanya korban jiwa diduga keracunan, Oman menegaskan kabar yang beredar tersebut tidak benar.

“Kebetulan hari ini ada yang meninggal, tetapi itu sudah tua dan sakitnya sudah lama. Jadi jangan dikaitkan yang meninggal karena keracunan,” tandasnya. (Wit)

Writer: Suwitno

Tinggalkan Balasan