14 Makanan Penurun Kolesterol, Cocok Setelah Konsumsi Daging Kurban

JABAR EKSPRES – Berikut ini merupakan 14 makanan penurun kolesterol yang cocok setelah kamu melahap daging kurban.

Kolesterol tinggi telah lama dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, terutama penyakit jantung.

Namun, dengan memilih makanan yang tepat, kamu dapat mengelola dan menurunkan kadar kolesterol kamu secara alami.

Berikut adalah daftar makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga dapat menjadi sekutu dalam perang melawan kolesterol.

BACA JUGA: Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing di Tangan Pasca Idul Adha

Terong

Si Ungu yang Kaya Serat Terong bukan hanya lezat saat diolah menjadi berbagai masakan, tetapi juga kaya akan serat yang dapat membantu menyerap kolesterol di dalam tubuh dan membuangnya sebelum diserap ke dalam aliran darah.

Okra

Si Hijau yang Mengandung Mucilage Okra, atau yang sering dikenal sebagai lady’s finger, mengandung mucilage, sebuah jenis serat larut yang dapat mengikat kolesterol selama proses pencernaan dan membantu mengurangi penyerapannya.

Alpukat

Lemak Baik untuk Jantung kamu Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Lemak ini membantu menurunkan LDL (kolesterol “jahat”) sambil meningkatkan HDL (kolesterol “baik”).

Ikan

Sumber Omega-3 yang Luar Biasa Ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden adalah sumber omega-3 yang sangat baik. Asam lemak ini dikenal dapat menurunkan trigliserida dan mendukung kesehatan jantung.

Oat

Sarapan Pagi Penurun Kolesterol Mulailah hari kamu dengan semangkuk oatmeal. Oat adalah sumber serat larut yang sangat baik, yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL.

Barley

Bijirin Penuh Nutrisi Barley tidak hanya memberikan tekstur dan rasa yang nikmat pada makanan tetapi juga kaya akan beta-glucan, jenis serat larut yang efektif dalam menurunkan kolesterol.

Protein Kedelai

Alternatif Protein Tanpa Kolesterol Produk kedelai seperti tahu dan tempe merupakan alternatif protein yang baik bagi mereka yang ingin mengurangi asupan kolesterol dari daging merah.

Coklat Hitam

Manisnya Flavonoid Coklat hitam tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga mengandung flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan