KPU Jabar Butuh 132 Ribu Pantarlih untuk Coklit Pilkada 2024

JABAREKSPRES.COM, BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar bersiap untuk merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Total ada 132.261 petugas yang dibutuhkan.

Ketua Divisi SDM dan Litbang KPU Jabar Abdullah Sapi’i mengungkapkan, kebutuhan pantarlih itu mengikuti jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan di bangun di 27 Kota Kabupaten di Jabar. “Ada sekitar 73.225 TPS, itu tersebar di kota kabupaten di Jabar,” terangnya, Jumat (14/6).

Pria yang akrab dipanggil Gus Asa ini melanjutkan, tugas utama Pantarlih adalah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk kebutuhan data pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Mereka berbekal dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari Kemendagri. “Sudah kami terima juga, ada 35.912.610 data yang perlu dicoklit,” urainya.

BACA JUGA: Jelang Libur Panjang Idul Adha, PMI Kota Bandung Pastikan Stok Ketersediaan Darah Aman

Data itu juga telah didistribusikan ke KPU kota kabupaten. Coklit memastikan sejumlah perubahan penduduk. Misalnya perpindahan pemilih, perubahan status misal dari TNI Polri jadi purnawirawan maupun untuk pemilih pemula.

Nantinya data itu akan disusun dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sebagai basis data pemilih dalam Pilkada 2024.

Pada pemilu 2024 lalu, Jabar memiliki DPT sebesar 35.714.901 pemilih. DPT terbesar se Indonesia. Pada Pilkada 2024, coklit juga perlu dilakukan lagi. Karena ada rentang waktu antara Pemilu dengan Pilkada yang memungkinkan perubahan data pemilih.

Coklit itu dilakukan secara langsung. Artinya mendatangi alamat pemilih yang bersangkutan secara langsung guna memverifikasi data. Makanya calon pantarlih disesuaikan dengan domisili. “Masyarakat yang berminat bisa mengakses informasi ke PPS, PPK ataupun kantor KPU setempat,” cetusnya.

Secara jadwal, pendaftaran seleksi Pantarlih dilaksanakan pada 13-19 Juni ini. Targetnya para Pantarlih itu bisa dilantik pada 24 Juni nanti. Mereka akan bertugas sekitar satu bulan. Yakni 24 Juni – 25 Juli nanti.(son)
ok

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan