Hendak Pergi Study Tour, Bus Muatan Mahasiswa ITB Tergelincir di Jatinangor Sumedang

JABAR EKSPRES – Terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas (laka lantas) kendaraan bus di dalam area kampus ITB, wilayah Desa Sayang, Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Ketika dikonfirmasi, Kapolsek Jatinangor, Kompol Roger Thomas membenarkan bahwa peristiwa laka lantas tersebut terjadi pada Selasa, 11 Juni 2024.

“Kejadiannya tadi pagi sekitar pukul 5.30 WIB. Terjadi laka lantas 3-3 M, TKP (Tempat Kejadian Perkara) Kampus ITB,” katanya kepada Jabar Ekspres, Selasa (11/5).

Roger menerangkan, pihak Polsek Jatinangor langsung mengambil langkah-langkah penanganan di lokasi kejadian laka lantas.

Adapun kendaraan yang terlibat laka lantas, yakni Bus Surya Putra dengan nomor Polisi D 7602 AM, warna merah-putih dengan Bus Bus Surya Putra warna putih yang bernopol D 7864 AM .

“Pengemudi bus warna merah-putih yakni saudara Lisan Shidqi (23). Pengemudi bus warna putih saudara Nana Hermana (61),” terangnya.

Roger mengungkapkan, terkait kronologis kejadian laka lantas, bermula ketika Kampus ITB akan mengadakan study tour ke bendungan waduk Jatigede dan waduk Cirata, dengan jumlah sebanyak 18 bus.

“Namun sekira pukul 5.30 WIB ada 4 unit bus yang yerlibat kecelakaan yang sedang parkir dalam kondisi jalan yang menurun,” ungkapnya.

Roger memaparkan, peristiwa diawali dengan bus bernopol D 7206 AM yang sebelumnya dikendarai oleh Lisan Shidqi. Menurut sang supir tersebut, kendaraan sudah direm tangan.

“Namun entah kenapa tiba-tiba tergelincir menurun ke depan, sampai akhirnya secara beruntun menabrak 3 bus yg sedang parkir di depannya,” paparnya.

Roger menuturkan, 2 unit bus sempat dikendalikan karena pengemudi yang berada di dalam. Sedangkan 1 unit bus bernopol D 7864 AM, supirnya sedang berada di luar bus.

“Jadi tidak sempat mengendalikan dan langsung tergelincir menabrak tiang parkir,” tuturnya.

Kemudian ucap Roger, bus menabrak trotoar taman sampai akhirnya terhenti. Pada saat kejadian, di dalam bus baru ada 7 orang mahasiswa yang masuk.

“Namun setelah kejadian tidak ada korban jiwa maupun korban luka. Kejadian tersebut baru dilaporkan ke pihak kepolisian sekira pukul 9.45 WIB,” ucapnya.

Roger mengaku, pada saat mendatangi TKP, ketiga bus yang terlibat kecelakaan sudah tidak ada di lokasi.

Writer: Yanuar Baswata

Tinggalkan Balasan