Berbahaya Bagi Kesehatan, Ketahui Cara Cegah & Atasi Obesitas

JABAR EKSPRES – Obesitas merupakan suatu kondisi medis yang ditandai dengan penumpukan lemak tubuh secara berlebihan, sehingga menyebabkan beberapa dampak bahaya bagi kesehatan. Bagaimana cara mengatasinya?

Kondisi medis ini ditentukan dengan Indeks Massa Tubuh (BMI) yang merupakan alat umum untuk menentukan obesitas, di mana seseorang dengan BMI 30 atau lebih dianggap sebagai obesitas.

Mengatasi obesitas membutuhkan komitmen jangka panjang dan perubahan gaya hidup yang berkelanjutan. Untuk mengatasinya kondisi tersebut pastikan untuk melakukan konsultasi dengan profesional kesehatan kamu untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kamu.

Faktor Risiko yang Perlu Dihindari untuk Mencegah Obesitas

  • Polap Makan Tidak Sehat

Mengonsumsi makanan tinggi kalori, lemak jenuh, gula tambahan, dan makanan olahan berkontribusi pada peningkatan berat badan.

  • Gaya Hidup Tidak Aktif

Kurangnya aktivitas fisik atau gaya hidup yang tidak aktif menyebabkan keterbatasan pembakaran kalori dan penimbunan lemak.

  • Kurangnya Tidur

Kurang tidur telah terkait dengan peningkatan nafsu makan dan perubahan hormonal yang bisa menyebabkan obesitas. 

BACA JUGA: Termasuk Olahraga Ringan, Ketahui Manfaat & Tips Melakukan Jogging yang Benar

  • Stres dan Kecemasan

Kondisi stres kronis bisa menyebabkan perilaku makan berlebihan atau konsumsi makanan tidak sehat sebagai bentuk koping.

Cara Mengatasi Obesitas

  • Pola Makan Sehat

Fokus pada konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti buah-buahan, sayuran, protein sehat, dan biji-bijian utuh. Kurangi asupan makanan olahan, gula tambahan, dan lemak jenuh.

  • Aktivitas Fisik Teratur

Berolahraga secara teratur membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan jantung. Pilih aktivitas yang sesuai dengan kebugaran dan preferensi pribadi, seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda. 

BACA JUGA: Termasuk Olahraga Kardiovaskular, Ketahui Manfaat Skipping Bagi Kesehatan & Kebugaran Tubuh

  • Perubahan Gaya Hidup

Berupaya untuk menjadi lebih aktif dalam kehidupan sehari-hari dengan meningkatkan jumlah langkah yang diambil, menggunakan tangga daripada lift, atau melakukan pekerjaan rumah tangga.

  • Manajemen Stres

Temukan cara-cara untuk mengelola stres dan kecemasan, seperti meditasi, yoga, atau hobi yang menyenangkan.

  • Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan