Sekda Herman: Penyiaran Berkeadilan bagi Seluruh Lapisan Masyarakat

KOTA BANDUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman mengatakan, penyiaran harus membawa kebermanfaatan bagi semua lapisan masyarakat dengan menyiarkan informasi dan konten yang baik.

Hal itu dikatakan Herman saat menghadiri acara Broadcasting Expo yang merupakan rangkaian Hari Penyiaran Daerah (Harsiarda) Tingkat Provinsi Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (8/6/2024).

“Tentu dalam penyiaran ada informasi, ada pesan yang disampaikan, dan esensinya harus memberikan literasi kepada masyarakat,” ucap Herman.

Selain itu, Herman juga menuturkan bahwa penyiaran di Jabar harus berkeadilan. Secara proporsional, konten yang disiarkan lembaga penyiaran harus dapat memenuhi kebutuhan informasi semua kalangan, mulai dari anak- anak, dewasa, sampai lanjut usia.

“Kita punya persoalan contohnya stunting masih tinggi, pengangguran, fenomena bank emok, kuncinya ada di literasi dan pemahaman masyarakat terhadap hal- hal itu,” kata Herman.

“Maka ini tugas bersama, termasuk lembaga penyiaran untuk mengedukasi masyarakat baik secara direct ataupun tidak langsung. Ada televisi, radio, kalau kita bergerak semuanya, mengedukasi masyarakat,” imbuhnya.

Herman berharap Harsiarda tahun ini menjadi momentum bagi lembaga penyiaran untuk menyampaikan konten dan informasi yang bermanfaat sekaligus memperkuat literasi masyarakat.

“Kesejahteraan masyarakat, itu hal fundamental yang jadi prioritas kami di Pemda Provinsi Jawa Barat,” katanya.

BACA JUGA: Herman Suryatman Dorong Lembaga Penyiaran Tingkatkan Literasi Masyarakat Jabar

Hal senada dikatakan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Amin Shabana. Menurutnya, target pembangunan dapat tercapai dengan dukungan semua pihak termasuk lembaga penyiaran. Apalagi, Jabar merupakan miniatur industri penyiaran nasional.

“Lembaga penyiaran memiliki posisi strategis untuk bisa memberikan sosialisasi, kampanye kepada masyarakat,” ucapnya.

“Kami dari KPI Pusat sangat mengapresiasi langkah KPID Jabar, yang kami perhatikan terdepan dalam menginisiasi hal -hal terkait kepentingan publik dalam industri penyiaran,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar Adiyana Slamet mengatakan bahwa Tema Harsiarda Tahun 2024 Tingkat Provinsi Jabar yakni “Penyiaran Berkeadilan”. Dengan tema tersebut, ia menginventarisir kebutuhan masyarakat Jabar dalam konteks penyiaran.

Adiyana menyebut bahwa pada peringatan Harsiarda tahun lalu, telah diluncurkan Pasagi atau Pengawasan Media Digital untuk menyelamatkan masyarakat Jawa Barat dari malinformasi di dunia digital.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan