3 Fase Gencatan Senjata Terbaru yang Diumumkan Biden untuk Mengakhiri Perang Israel-Palestina

JABAR EKSPRES – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan isi proporal gencatan senjata terbaru yang ditawarkan oleh Israel kepada Hamas pada Jumat, 31 Mei 2024.

Isi proposal terbaru ini memuat tiga fase untuk mencapai kesepakatan mengenai gencatan senjara permanen dan pembebasan semua sandera dalam konflik Gaza.

“Israel telah menawarkan proposal baru yang komprehensif, ini adalah peta jalan menuju gencata senjata abadi dan pembebasan semua sandera,” kata Joe Biden.

“Proposal ini telah disampaikan oleh Qatar kepada Hamas, proposal baru ini memiliki tiga tahap,” ucapnya melanjutkan.

BACA JUGA: Kartu Prakerja Gelombang 69 Dibuka Hingga Hari ini, Buruan Daftar Pakai KTP dan KK!

Lebih lanjut, Biden menjelaskan setiap fase dari gencatan senjata terbaru, antara lain:

Fase Pertama

Dalam fase pertama akan berlangsung selama enam pekan dan mencakup gencatan senjata sementara, penarikan penuh pasukan Israel dari seluruh wilayah penduduk Gaza, serta pembebasan sejumlah sandera dari kedua belah pihak.

Fase Kedua

Fase kedua perundingan untuk mengakhiri semua permusuhan dalam konflik tersebut secara permanen, serta bisa mencakup pembebasan semua sandera yang tersisa dan penarikan penuh pasukan Israel dari Gaza jika jaminan keamanan Israel terpenuhi.

Fase Ketiga

Pada fase ini, dimulainya rencana rekonstruksi besar-besaran di Gaza, yang juga akan mencakup bantuan dari mitra internasional untuk pelaksanaannya.

Proposal gencatan senjata tersebut diharapkan dapat mengamankan proses pembebasan sandera yang ditahan di daerah kantong yang terkepung selama berbulan-bulan.

Presiden AS itu juga mengimbau Hamas untuk menerima kesepakatan tersebut dan mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mengatasi tekanan dari anggota koalisi pemerintahannya yang menentang rencana tersebut.

BACA JUGA: Sinopsis Film Clash of the Titans, Ketika Para Dewa Mendominasi Bumi dan Manusia

Biden juga meminta agar Amerika Serikat, Mesir, dan Qatar dapat memainkan peran kunci dalam upaya menjaga inisiatif ini tetap hidup.

“Amerika Serikat akan bekerja sama dengan mitra kami untuk membangun kembali rumah, sekolah, dan rumah sakit di Gaza guna membantu memperbaiki komunitas yang hancur akibat kekacauan perang,” kata Biden.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan