Warga Cileunyi Wetan Terlantar di Dubai Selama 2 Tahun Gegara Tertipu Penyalur Tenaga Kerja, Berharap Bisa Pulang ke Tanah Air

JABAR EKSPRES – Seorang warga bernama Lilis Ule (44), asal Kampung Sindangwargi, RT02 RW18, Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung mengalami nasib yang memilukan.

Bagaimana tidak, Lilis yang statusnya janda beranak tiga ini, kondisinya tengah terlantar di Kota Dubai, Umi Emirat Arab selama hampir 2 tahun seorang diri.

Berharap ingin pulang ke Tanah Air dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, namun keinginan tersebut belum dapat tercapai. Sebab dia diketahui terlantar akibat mengalami praktik penipuan.

Persoalan tersebut pun terdengar oleh Yudistira, selaku Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Cileunyi, sehingga pihaknya turun tangan untuk bantu menindaklanjuti kasus Lilis yang terlantar di luar negeri.

“Iya benar ada warga Cileunyi yang terlantar di Dubai. Kami pihak kecamatan telah turun tangan untuk menindaklanjuti, agar Lilis segera bisa pulang kembali ke Tanah Air, tepatnya ke kampung halamannya di Cileunyi Wetan,” katanya, Rabu (22/5).

BACA JUGA: Tujuh Terpidana Kasus Vina Dipindahkan ke Bandung, Ini Kata Kemenkumham

Yudistira menjelaskan, pihak Kecamatan Cileunyi sudah turun tangan ke lapangan, untuk melakukan investigasi dan pendataan.

“Termasuk mendatangi rumahnya serta wawancara dengan Endang (65), ayah Lilis,” jelasnya.

Melalui informasi yang berhasil dihimpun Jabar Ekspres, semula Lilis diduga ditawari pekerjaan menjadi tenaga kerja wanita (TKW) oleh PT YS, penyalur tenaga kerja.

Kemudian usai mendaftarkan diri, Lilis akan dipekerjakan menjadi asisten rumah tangga (ART) di Abu Dhabi. Akan tetapi, ternyata yang bersangkutan justru diterbangkan ke Dubai.

Menurut Yudistira, dari hasil investigasi lapangan, pendataan dan wawancara dengan pihak keluarga korban, termasuk dengan Lilis, jika disimpulkan, yang bersangkutan itu diduga tertipu oleh penyalur tenaga kerja luar negeri (TKW).

“Kita sudah koordinasi dengan Dinsos Kabupaten Bandung, Dinsos Provinsi Jabar, Disnaker Kabupaten Bandung serta Disnaker Provinsi Jabar,” bebernya.

BACA JUGA: Tingkatkan Kesadaran Evakuasi Mandiri melalui Program Si Eman

Yudistira menerangkan, baik dari Pemerintah Desa (Pemdes) Cileunyi Wetan serta Kecamatan Cileunyi dan pihak terkait lainnya saat ini tengah berupaya semaksimal mungkin, untuk membawa Lilis kembali pulang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan