Menghidupkan Komunitas Fotografi dari Sekolah di Bandung

JABAR EKSPRES – Fotografi, aktivitas mengambil gambar sekaligus mengabadikan momen itu memiliki nilai tersendiri. Hal ini pun bakal menjadi bakat serta memberi keuntungan bagi mereka yang mahir. Baik itu memotret memakai kamera profesional hingga handphone, fotografi adalah suatu cara merekam ingatan dengan indah.

Mimpi besar diemban Komunitas Photo Prakarya Internasional 52 (KOPPI52). Mereka bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat fotografi bagi para remaja di Kota Bandung. Setidaknya itu yang membuat komunitas tersebut masih terus hidup hingga sekarang.

Seorang pembina sekaligus pendiri KOPPI 52, Tiya Gumiwa menyebutkan, pada mulanya komunitas binaannya itu pertama kali muncul di SMK Prakarya Internasional Bandung. Tak disangka ide yang muncul beberapa tahun ke belakang silam itu dapat terwujud.

BACA JUGA: Warga Nanggung Bogor Ditemukan Tewas Gantung Diri, Sempat Titip Pesan ke Istri untuk Jaga Anak-anak

“Idenya sendiri sudah ada sejak tahun 2014 dan KOPPI52 pertama kali berdiri atas dasar hobi photography, selain itu kami juga ingin membentuk sebuah komunitas yang kreatif dan inovatif,” ungkap Tiya kepada wartawan, belum lama ini.

Tiya menambahkan, mimpi besar tersebut bukan sekadar menyasar pelajar di Kota Bandung semata. Namun lebih luas dari itu. Para pelajar dapat terus menghidupkan minat fotografi bersama-sama. Dia sebut sebagai harapan jangka panjang.

“Dengan harapan jangka panjangnya bisa menjadi komunitas photography pelajar Indonesia secara nasional,” tambahnya sambil menunjukan ekspresi rasa bangga dan sumringah.

BACA JUGA: Antusiasme Masyarakat Cicalengka di Syukuran Wayang Golek Kemenangan Prabowo-Gibran

Saat ini KOPPI52 banyak melakukan kegiatan yang menunjang untuk menjadi salah satu pelopor komunitas fotografi. Dia menjelaskan, perkembangan KOPPI52 bisa terlihat begitu cepat.

Seperti halnya dikala KOPPI52 pertama kali dibentuk, yakni dengan hanya memiliki sekitar 20 orang dari siswa dan siswi SMK PI. Namun saat ini peminat untuk bergabung dengan komunitas kreatif tersebut sudah kian banyak.

“Saat ini anggota KOPPI52 berjumlah kurang lebih 200 orang yang berasal dari siswa siswi SMK PI serta alumni dan dari pelajar yang berasal dari sekolah lain,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan