Gempa Garut Terasa hingga Cimahi, BPBD Imbau Masyarakat Tetap Waspada dan Siaga

JABAR EKSPRES – Gempa berkekuatan 6.5 magnitudo terasa hingga Kota Cimahi pada Sabtu, 27 April, pukul 23.00 WIB. Gempa ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat, sehingga banyak yang keluar dari rumah untuk menyelamatkan diri.

Saat dikonfirmasi oleh Jabar Ekspres kepada Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD, Rohmat, menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa bumi di Kota Cimahi.

“Alhamdulilah sampai saat ini masih aman, belum ada laporan,” ucapnya saat dihubungi melalui seluler, Minggu 28 April 2024.

Meski begitu, Rohmat menyebutkan bahwa ada satu ruangan di SMPN 11 Cimahi yang mengalami sedikit kerusakan pada bagian atapnya.

“SMPN 11 aja yang agak terkena dampak satu ruangan di atapnya,” ujarnya.

BACA JUGA: Sejumlah Rumah di KBB Hancur Imbas Gempa Garut 6,5 SR

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi secara rutin menggelar latihan simulasi penanganan gempa bumi. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman kepada warga agar dapat menyelamatkan diri saat terjadi bencana tersebut.

Rohmat berharap bahwa simulasi ini akan membantu masyarakat untuk lebih siap menghadapi dan mengantisipasi berbagai bencana, termasuk gempa bumi.

“Untuk puncak acara HKBN akan dilaksanakan di MPP yang akan dilaksanakan bulan mei dan untuk sekolah/Madrasah aman bencana (SMAB) selalu kita laksanakan setiap tahun,” paparnya.

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga serta menerapkan program Siaga Evakuasi Mandiri (Sieman). Rohmat menyatakan, hal ini penting untuk memastikan konstruksi bangunan atau rumah masing-masing tetap aman.

BACA JUGA: Imbas Gempa 6,5 SR di Garut, Sejumlah Bangunan di Sukabumi Porak-poranda

“Dan tidak lupa untukmelakukan upaya mitigasi di masing-masing keluarga sehingga memahami jalur evakuasi dan titik kumpul bagi keluarganya yang dirasa aman di seputar rumah masing-masing,” imbau Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Cimahi itu.

Rohmat pun meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan menyusul terjadinya gempa bumi pada hari ini.

Ia menambahkan, informasi terkini dan jelas sebaiknya dicari dari sumber yang terpercaya seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) atau instansi pemerintah terkait.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan