Menakar Peta “Pertarungan” di Pilkada Kabupaten Bogor 2024

JABAR EKSPRES – Belum tuntas tahapan pemilu 2024, masyarakat akan dihadapkan pada Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) serentak tahun 2024.

Belum lala ini, KPU RI meresmikan pilkada, artinya secara tahapan penyelenggaraan pilkada serentak 2024 sudah dimulai.

Bahkan, Mei 2024 pendaftaran dan verifikasi calon perseorangan sudah dimulai, namun untuk pencalonan melalui jalur partai politik baru dilaksanakan pada bulan agustus 2024.

Tentu saja dengan waktu yang singkat dan beririsan tahapannya dengan pemilu 2024, dinamika dan dialektika pilkada di provinsi dan kabupaten/kota di seluruh indonesia sudah mulai menghangat.

Tidak terkecuali di Kabupaten Bogor yang merupakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbesar di seluruh Indonesia.

Pengamat Politik Yusfitriadi mengatakan, di kabupaten Bogor sendiri sudah mulai bermunculan nama-nama yang sudah meramaikan dialektima jelang pilkada tersebut.

Diantara nama-nama tersebuta adalah : Ade Ruhendi (Jaro Ade), Rudi Susmanto, Iwan Setiawan, Elly Yasin, Dede Chandra, Ade Wardana, Gunawan Hasan, Riekeu Iskandar dan Anang Hermansyah.

“Tentu saja masih terlalu dini untuk bisa menyimpulkan siapa saja yang sscara pasti akan “bertarung” pada pilkada di kabupaten Bogor ini,”kata Yusfitriadi kepada media, Sabtu (6/4).

Selain masih banyak tahapan untuk ditempuh oleh siapapun yang akan menjadi calon baik bupati maupun wakil bupati di kabupaten bogor, kepastian hasil pemilu 2024 baru akan diketahui pada bulan agustus 2024.

Oleh karena itu, yang paling bisa dianalisia dan dieksplorasi adalah potensi dan peluang nama-nama di atas untuk melenggang sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bogor pada Pilkada 2024.

Kata Yusfitriadi, Ade Ruhendi (Jaro Ade) merupakan figur dan tokoh politik senior dari partai golkar yang sangat mengakar. Bahkan dari beberapa kali survei terakhir, baik yang dilakukan oleh LS Vinus maupun lembaga survei lain, mendapatkan tingkat elektabilitas tertinggi diantara nama lain yang muncul.

“Selain itu hanya Jaro Ade saat ini yang sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Golkar. Artinya, Jaro Ade sudah hampir memastikan dirinya akan masuk di bursa calon Bupati Kabupaten Bogor pada Pilkada mendatang,” tambahnya.

Kata Yus, tinggal mempeetimbangkan siapa calon wakil yang akan mendampinginya. Rudi Susmanto. Merupakan sosok sentral politik di kabupaten Bogor yang berangkat dari partai gerindra.

Writer: Sandika Fadilah

Tinggalkan Balasan