Menakar Peta “Pertarungan” di Pilkada Kabupaten Bogor 2024

Selain jabatannya sebagai ketua DPRD Kabupaten Bogor, dia juga merupakan calan anggota legislatif DPRD Kabupaten Bogor yang mendapatkan suara terbanyak diantara calon lainnya.

Sehingga sudah hampir memastikan dirinya kembali menjadi ketua DPRD Kabupaten Bogor periode 2019-2029. Namanya santer disebut-sebuat juga akan maju pada pilkada 2024. Namun sampai saat ini belum mendapatkan kepastian (rekomendasi) diinternal partai gerindra.

Di partai Gerindra kabupaten Bogor seakan ada “matahari kembar”, yaitu Rudi Susmanto dan Iwan Setiawan.

Iwan setiawan merupakan mantan wakil Bupati yang saat ini masih menjadi ketua DPC Partai Gerindra.

Tentu saja memiliki kans yang sangat kuat untuk dicalonkan menjadi Bupati atau Wakil Bupati dari partai gerindra.

Posisinya saat ini yang tidak mempunyai jabatan apapun dinilai akan kesulitan untuk meningkatkan elektabilitasnya.

Elly Yasin, Istri mantan Bupati Bogor yang saat ini gagal masuk kembali menjadi Anggota DPRRI dari PPP (walaupun sedang menempu jalur hukum di MK) disebut-sebut akan didorong untun maju di Pilkada Kabupaten bogor.

Namun dengan melihat dinamika politik saat ini, tidak cukup menguntungkan bagi “trah yasin” dalam melanjutkan kiprah politiknya.
Salah satu faktanya dari sekian trah yasin yang mencalon di pemilu 2024 baik di kabupaten maupun kota bogor tidak ada satupun yang berhasil.

Selain itu relasi dengan DPP PPP juga tidak begitu baik, sehingga kecil kemungkinan DPP akan merekomendasikan Elly Yasin untuk maju di Pilkada 2024 mendatang, Dede Chandra.

Posisinya dalam circle politik di kabupaten bogor sangat strategis. Dimana Dede Chandra merupakan ketua DPC Patai Demokrat Kabupaten Bogor.

“Bahkan sudah hampir memastikam diri mengambil satu kursi di DPRD Jawa Barat. Dengan posisinya tersebut, saya merasa tidak yakin Dede Chandra berani mundur dari Anggota DPRD Jawa Barat untuk menjadi Bupati atau wakil Bupati Bogor, Rikeu Iskandar,” kata Jaro Ade.

“Karena sudah menjadi rahasia umum bahwan DPC PPP masih atas kendali Rachmat Yasin walaupun ketua DPC saat ini dijabat oleh istrinya Elly Yasin. Selain itu, apakah Riekeu Cukup kuat relasi dengan DPP PPP yang akan mengeluarkan rekomendasi untuk maju di Pilkada 2024,” lanjutnya.

Writer: Sandika Fadilah

Tinggalkan Balasan