Dinkes KBB Siagakan Ratusan Nakes di Jalur Mudik Lebaran

JABAR EKSPRES – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal menyiagakan ratusan tenaga kesehatan di jalur mudik Lebaran 2024.

“Ada ratusan, mereka bakal memberi layanan kesehatan gratis bagi pemudik dan menangani perawatan jika terjadi kecelakaan lalu lintas,” ujar Plt Kepala Dinkes KBB, Eriska Hendrayana di Ngamprah, Jumat (5/4/2024).

Menurutnya, ratusan tenaga kesehatan itu akan disiagakan selama 7 hari sebelum dan sesudah lebaran. Mereka terdiri dokter, perawat, dan sopir ambulans dari 45 puskesmas yang ada di Kabupaten Bandung Barat

“Jumlahnya bisa ratusan. Yang jelas mereka perwakilan Nakes dari 45 puskesmas,” katanya.

BACA JUGA: Basuki Ungkap Skema Tol Bocimi Seksi 2 Bisa Digunakan Mudik Lebaran, Kendaraan Ini Jadi Prioritas!

Ratusan Nakes ini akan berjaga di Posko Mudik Lebaran di tiga titik yakni di Stasiun KCIC Padalarang, Gerbang Tol Padalarang, dan Alun-alun Lembang. Mereka memberi layanan pemeriksaan kesehatan atau memberi penanganan medis bagi pemudik kelelahan.

“Kita beri pemeriksaan kesehatan. Kami juga sediakan obat-obatan serta alat-alat penunjang lain apabila pasien butuh rujukan. Misalnya perlu dirawat di rumah sakit, kita sediakan ambulans,” tambahnya.

Selain memberi layanan kesehatan di jalur mudik, masyarakat dengan kemampuan ekonomi terbatas yang membutuhkan layanan kesehatan bisa menelepon 119.

“Kalau nanti sudah menghubungi, nanti petugas terdekat akan mendatangi lokasi pasien yang butuh penanganan,” terangnya.

BACA JUGA: Trend Full April Bahagia dengan Tes Kesehatan Mental Gratis Viral di Media Sosial, Begini Caranya

Ia menambahkan selain ditugaskan di pos Simpang Padalarang, pihaknya juga mendirikan pos kesehatan di sejumlah jalan arteri seperti jalur wisata Lembang.

“Semua itu adalah upaya untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik yang melintas di Kabupaten Bandung Barat dan juga bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan