Miliki Efek Turunkan Gula Darah, Berikut Kandungan Dalam Kayu Manis

JABAR EKSPRES – Kayu manis merupakan jenis rempah-rempah yang berasal dari kulit pohon kayu manis atau yang memiliki nama ilmiah Cinnamomum verum atau Cinnamomum zeylanicum.

Salah satu jenis rempah ini telah digunakan selama berabad-abad sebagai bumbu masakan, obat tradisional, hingga bahan tambahan dalam industri parfum dan kosmetik.

Miliki aroma yang khas, jenis rempah ini juga memiliki rasa manis dengan sentuhan pedas. 

Berikut di bawah ini penjelasan lengkap mengenai kandungan dan manfaat dari Kayu Manis:

Kandungan Nutrisi dalam Kayu Manis

  • Senyawa Aktif

Kayu manis mengandung senyawa aktif, terutama cinnamaldehyde, yang memberikan aroma dan rasa khas pada rempah ini. Senyawa lainnya termasuk eugenol, linalool, dan safrol.

  • Minyak Esensial

Kayu manis mengandung minyak esensial yang kaya akan berbagai senyawa termasuk cinamaldehyde, eugenol, dan cinnamyl acetate.

  • Antioksidan

Rempah ini juga mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

BACA JUGA: Selain Menyegarkan Napas, Ketahui Manfaat Konsumsi Daun Mint

  • Vitamin dan Mineral

Meskipun dalam jumlah kecil, kayu manis juga mengandung beberapa vitamin dan mineral seperti kalsium, magnesium, besi, vitamin A, dan vitamin K.

Manfaat Mengonsumsi Kayu Manis

  • Meredakan Peradangan

Senyawa antiinflamasi dalam kayu manis, terutama cinnamaldehyde, dapat membantu meredakan peradangan dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

  • Menurunkan Gula Darah

Kayu manis telah diketahui memiliki efek menurunkan gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga dapat membantu dalam pengelolaan diabetes. 

BACA JUGA: Selain Dapat menjaga Kesehatan Kulit, Ketahui Manfaat Lain Walnut

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Senyawa antioksidan dalam kayu manis dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kayu manis mengandung senyawa antibakteri dan antivirus yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kayu manis dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, diare, atau mual.

Meskipun kayu manis memiliki banyak manfaat kesehatan, Konsumsi jenis rempah ini sebaiknya dalam  jumlah yang moderat. Konsumsi dalam jumlah berlebihan atau jangka panjang dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi lambung atau reaksi alergi. Selalu konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi kayu manis secara teratur, terutama jika kamu memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan