Menjadi salah Satu Rukun Islam, Ketahui Jenis-Jenis Zakat

JABAR EKSPRES – Zakat merupakan salah satu kewajiban yang diberkan kepada umat Islam yang mampu untuk memberikan sebagian dari harta kekayaan mereka kepada golongan yang membutuhkan.

Menjadi salah satu rukun Islam, zakat memiliki peranan penting dalam menyokong kehidupan sosial ekonomi umat Islam dan dalam memperkuat solidaritas sosial.

Berikut ini terdapat penjelasan lengkap mengenai zakat beserta jenis-jenis zakat dalam Islam:

Jenis-jenis Zakat dalam Islam

  • Zakat Fitrah

Zakat Fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang mampu pada bulan Ramadan sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Besaran zakat fitrah biasanya ditentukan berdasarkan jenis makanan pokok yang lazim dikonsumsi oleh masyarakat setempat, misalnya beras, gandum, atau kurma. 

BACA JUGA: Beras atau Uang? Mana yang Lebih Baik untuk Zakat Fitrah?

Tujuan zakat fitrah sendiri untuk membersihkan diri dari dosa-dosa kecil yang mungkin terjadi selama menjalankan ibadah puasa serta memberikan kesempatan bagi mereka yang kurang mampu untuk merayakan Idul Fitri dengan layak.

  • Zakat Maal

Zakat Maal merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim yang memiliki kekayaan tertentu (nisab) selama satu tahun hijriah.

Besaran zakat maal yang harus di bayarkan adalah 2,5% dari jumlah kekayaan yang telah mencapai nisab setelah dikurangi kebutuhan pokok dan hutang yang harus dibayar.

Kekayaan yang dikeluarkan zakat maal antara lain uang tunai, emas, perak, investasi, dan harta dagang.

Tujuan zakat maal sendiri yaitu untuk menyediakan kebutuhan masyarakat yang kurang mampu, membantu mereka yang terlilit hutang, serta memperkuat ikatan sosial dalam masyarakat. 

BACA JUGA: Tahukah Kamu ? Harta yang Perlu Dikeluarkan Zakatnya dalam Islam

Selain yangg telah dijelaskan di atas, zakat juga memiliki peran penting dalam membersihkan harta kekayaan seseorang dari sifat kikir dan menciptakan solidaritas sosial di antara umat Islam.

Dalam Islam, zakat merupakan salah satu instrumen penting dalam menciptakan keadilan sosial dan mengurangi kesenjangan ekonomi di antara umat Islam. Melaksanakan zakat adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap muslim yang mampu, dan tindakan ini diharapkan dapat membawa berkah serta mendapat ridha dari Allah SWT.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan