Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap Untuk Diamalkan Sebelum Masuk Ramadhan

JABAR EKSPRES – Sebelum memasuki bulan Ramadhan, banyak orang akan berbondong-bondong mendatangi pemakaman untuk bersiarah kubur. Berikut ada kumpulan doa ziarah kubur yang bisa diamalkan saat mendatangi pemakaman.

Mendatangi pemakaman menjelang Ramadhan sudah menjadi tradisi turun temurun, ada yang sekedar datang untuk berdoa saja, ada juga yang memanfaatkan moment tersebut untuk membersihkan area pemakaman keluarganya yang sudah meninggal.

Doa ziarah kubur, diyakini sebagai bentuk perhatian dan penghormatan dari keluarga yang memiliki aggota keluarga yang sudah meninggal.

Baca juga : Berikut Doa Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadhan 1445 Hijriyah

Terutama jika yang meninggal adalah orang tua, maka anak bisa mengirimkan doanya sebagai anak sholeh untuk dapat meringankan beban orang tuanya.

Selain itu dengan melakukan ziarah, diharapkan menjadi pengingat bagi manusia yang masih hidup untuk mengingat kematian.

Rasulullah SAW sendiri pernah diajak oleh ibunya untuk berziarah ke makam sang ayah. Tradisi ini dilanjutkan oleh Rasulullah SAW ketika ibunya wafat, sesuai dengan dasar dari hadits yang menyatakan,

زَارَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْرَ أُمِّهِ فَبَكَى وَأَبْك َى مَنْ حَوْلَهُ فَقَالَ اسْتَأْذَنْتُ رَبِّي فِي أَنْ أَسْتَغْفِرَ لَهَا فَلَ مْ يُؤْذَنْ لِي وَاسْتَأْذَنْتُهُ فِي أَنْ أَزُورَ قَبْرَهَا فَأُذِنَ لِي فَز ُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الْمَوْتَ

Artinya: “Nabi Muhammad SAW berziarah ke kuburan ibunya, lalu beliau menangis dan menangislah orang orang di sekitarnya. Beliau bersabda, ‘Aku minta izin kepada Tuhanku guna memohonkan ampun kepada ibuku, namun Dia tidak memberi izin padaku. Dan aku minta izin untuk berziarah ke kuburannya, maka Dia memberi izin kepadaku. Karena itu, berziarahlah kalian ke kuburan-kuburan karena ziarah itu mengingatkan kepada kematian’.” (HR Muslim, Ahmad, Ibnu Majah dan yang lainnya)

Berikut adalah bacaan doa ziarah kubur beserta tuntunannya, sebagaimana dilansir dari buku “100 Doa Harian Untuk Anak” karya Nurul Ihsan:

Doa Ziarah Kubur Singkat Sesuai Sunnah

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللَّهُ للاحِقُونَ أَسْأَلُ اللَّهَ لَنَا وَلَكُمْ الْعَافِيَةَ.

Assalaamu ‘alaikum ahlad diyaari minal mukminiina wal muslimiina wa innaa insyaa Allaahu la-laahiquuna as-alullaaha lanaa wa lakumul ‘aafiyah

Artinya: “Semoga keselamatan tercurah bagi penghuni (kubur) dari kalangan mukmin dan muslim dan kami insya Allah akan menyusul kalian semua. Aku memohon keselamatan kepada Allah untuk kami dan kalian.” (HR Muslim)

Baca juga : Doa Ziarah Kubur lengkap dengan Tata Cara dan Hukumnya dalam Islam

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan