4 TPS di Cimahi Lakukan Pemungutan Suara Ulang, Ini Kata KPU

JABAR EKSPRES – Pemilihan suara ulang dan lanjutan di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Cimahi, terutama di Kecamatan Cimahi Selatan, dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari rekomendasi yang diberikan oleh KPPS, PPS ,dan PPK.

Menurut Ketua KPU Kota Cimahi, Anzhar Ishal Afryand, penguatan dilakukan oleh Bawaslu Kota Cimahi untuk menyelenggarakan PSU dan PSL. Hal ini terjadi setelah peristiwa pada tanggal 14 Februari 2024.

“Ada empat TPS di Kelurahan Utama yang belum melaksanakan pemungutan dan perhitungan suara karena memang terkendala dengan tidak adanya surat suara PPWP,” ucapnya pada awak media, Sabtu 24 Februari 2024.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Anzhar mengatakan rekan-rekan dari PPS dan PPK mengusulkan untuk melakukan PSU dan PSL.

BACA JUGA: Ketua KPU Cimahi Tanggapi Terkait Ketidaktersediaan Surat Suara PPWS

“Untuk di TPS 60 alhamdulilah partisipasi masyarakatnya masih cukup tinggi. Harapannya, bisa hadir semua kalaupun memang dari pagi memang sudah banyak yang pemilih yang antre,” terangnya.

Pada PSU di TPS 60, surat suara telah tersedia secara lengkap dan proses pemilihan diperkirakan akan berlangsung sesuai dengan standar pemilihan umum. Penutupan TPS dan proses perhitungan suara dijadwalkan akan dilakukan setelah pukul 13.00 WIB.

“Sejauh ini yang baru selesai perhitungan suara itu baru dua kelurahan di Kecamatan Cimahi Tengah. Sedangkan yang lainnya masih berproses,” kata Anzhar.

Berdasarkan ketentuan perundang-undangan, waktu penyelesaian maksimal adalah 14 hari, sehingga pelaksanaan ini diharapkan selesai paling lambat pada tanggal 2 Maret 2024, meskipun target awalnya adalah 10 hari.

“Kita lakukan monitoring untuk mengecek kendala-kendala yang dihadapi apa saja,” tandasnya. (Mong)

BACA JUGA: Proses Pemungutan Suara di TPS 60 Kelurahan Utama, Cimahi Selatan Tertunda Surat Suara PPWP Tidak Ada!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan