Download PDF KPPS 1-7 untuk TPS, Mulai dari Pendaftaran hingga Celup Tinta

JABAR EKSPRES – Anda bisa download link PDF KPPS 1-7 untuk ditempel di meja TPS, mulai dari pendaftaran hingga celup tinta.

Hari pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan dilaksanakan pada 14 Februari, di tanggal tersebut masyarakat berbondong-bondong pergi ke TPS.

Petugas KPPS saat ini tengah sibuk mempersiapkan kebutuhan TPS masing-masing untuk Pemilu 2024.

Banyak yang hal yang harus dipersiapkan, termasuk mempersiapkan kebutuhan alat pengadaan dokumen, kebutuhan operasional KPPS seperti alat tulis, storage, tinta untuk pemilih yang sudah selesai.

Termasuk ebutuhan yang paling terpenting adalah tulisan KPPS 1-7 untuk ditempel di meja TPS, termasuk untuk Pengawas dan Saksi.

Hal tersebut untuk memudahkan pemilih pada saat di TPS, dan tidak membingungkan alur di TPS tersebut.

BACA JUGA: Download LINK PDF KPPS 1-7 untuk Meja TPS Pemilu 2024

Anda bisa download PDF KPPS 1-7 secara gratis di bawah ini, kemudian bisa langsung Anda print atau cetak menggunakan kertas HVS.

Setelah dicetak, Anda bisa langsung tempelkan pada meja atau bilik suara sesuai dengan kebutuhan.

Setiap petugas KPPS tentunya memiliki tugas yang berbeda. Melansir dari Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022, KPPS berkedudukan di tempat pemungutan suara (TPS), berikut ini tugas KPPS.

  1. Anggota KPPS 1 (Ketua KPPS)

Anggota KPPS 1 memiliki tugas penting meliputi pemanggilan pemilih sesuai dengan nomor urut kedatangan dituliskan pada Model C6 dan memisahkan Model C6 berdasarkan jenis kelamin.

Tak hanya itu, mendatangi surat suara, memberikan 5 jenis surat suara kepada pemilih, memberikan surat suara pengganti kepada pemilih jika terdapat surat suara yang surak atau salah coblos (surat suara pengganti bisa diberikan paling banyak 1 kali).

Kemudian, bertugas membantu memasukan surat suara ke dalam alat bantu coblos tunanetra dan diserahkan kepada pemilih.

  1. Anggota KPPS 2

Tugas utama anggota KPPS 2 yaitu mempersiapkan surat suara yang akan dibuka dan dinyatakan sah atau tidaknya surat suara tersebut oleh ketua KPPS.

  1. Anggota KPPS 3

Anggota KPPS 3 berkewajivan untuk mencatat jumlah pemilih, jumlah surat suara, serta sertifikat hasil perhitungan suara menggunakan formulir Model C1-KWK.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan