VIRAL, Nelayan Indonesia Ini Dapat Penghargaan dari Coast Guard Korea, Ternyata Ini yang Dilakukannya

JABAR EKSPRES – Seorang nelayan asal Indonesia dikabarkan dapat penghargaan khusus dari kesatuan penyelamat pantai di Korea Selatan, lantaran melakukan hal baik.

Nelayan Indonesia bernama Rianto yang dapat penghargaan ini merupakan salah seorang awak kapal ‘Dongchangho’, yang sengaja dikirim untuk bertugas di wilayah perairan Bangeojin, Ulsan, Korea Selatan.

Rianto yang bekerja dikapal nelayan seberat 29 Ton ini rupanya sudah menyelamatkan nyawa seorang perempuan, sehingga aksinya dianggap sebagai kepahlawanan dan layak mendapat penghargaan.

Dilansir dari MBN news, peristiwa yang membuat Rianto jadi viral ini terjadi pada 18 Januari 2024 lalu. Tepatnya ketika dia sedang berada di kapalnya untuk bekerja.

Baca juga : 10 Snack Indonesia yang Banyak Disukai Orang Korea

Dia melihat seorang wanita berusia sekitar 30-an sedang mabuk disekitar pelabuhan Bangeojin, meski tidak fokus memperhatikan wanita tersebut, namun dia menyaksikan saat wanita tersebut tiba-tiba terjatuh masuk kedalam lautan.

Meski cuaca dan air sangat dingin di Korea, dia memutuskan untuk lompat masuk kedalam air dan menyelamatkan wanita tersebut.

Rianto berhasil mengangkat wanita tersebut dan mencegahnya tenggelam, hingga tim penyelamat datang untuk membantu mengevakuasi wanita tersebut.

Tak memakan waktu lama, tim penyelamat yang langsung melakukan pertolongan pertama termasuk CPR berhasil membuat wanita tersebut sadarkan diri. Dan selanjutnya dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Aksi cepat tanggap Rianto yang berhasil menyelamatkan nyawa wanita tersebut dinilai sangat berjasa hingga mendapatkan penghargaan dari Ulsan Coast Guard.

Baca juga : Fenomena Istilah Viral Daebak dari Korea, Apa Makna Daebak?

Kepala lsan Coast Guard Jeong Wook Han, kepada media mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Rianto.

“Pada saat kecelakaan terjadi, kami dapat menyelamatkan nyawa dan segera merespons, tanpa mengorbankan diri kami sendiri.” Ujarnya.

Aksi Rianto tersebut langsung mendapat banyak tanggapan positif dari netizen Indonesia.

“Woaah keren bangetttt soalnya disana lagi dibgin banget tapi dia tetap lompat,” ungkap akun @Nis** di media sosial X

“Mas RIanto kamu keren!,” tulis akun @meeee***

“Wow, pdhl lagi musim dingin loh, kerenn,” timpal akun @Rosie***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan