Panduan WHO Untuk Pemberian MPAsi Berkualitas Pencegah Stunting

JABAR EKSPRES – Dalam rangka hari GIZI Nasional ke 64 yang jatuh pada tanggal 25 Januari hari ini, Kementrian kesehatan mengangkat tema seputar pemberian MPAsi berkualitas untuk mencegah stunting.

Tema yang diangkat pada Hari GIZI Nasional tahun 2024 adalah “MP-ASI Kaya Protein Hewani Cegah Stunting,” dengan slogan yang digaungkan secara serentak adalah “MP-ASI Berkualitas untuk Generasi Emas”.

Dengan peringatan tersebut, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat, akan pentingnya gizi dari Makanan Pendamping ASI (MP-ASI), yang kaya protein hewani guna mencegah permasalahan stunting yang kini sedang diahdapi pemerintah.

Baca juga : Menu MPASI untuk Si Kecil, Lengkap dengan Protein & Gizinya!

Berkaitan dengan hal tersebut, WHO pernah mengeluarkan rekomendasi atau panduan dalam menyiapkan MPAsi berkualitas yang sesuaid engan standar Internasional.

Dilansir dari laman resmi WHO, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memeprsiapkan MPAsi untuk bayi, diantaranya:

1. Tepat Waktu

Maksudnya adalah saat akan memberikan mpasi, kita harus memperhatikan kapan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dari bayi.

MPAsi bisa diberikan kepada bayi saat kebutuhan energi dan nutrisinya melebihi kandungan yang terdapat dari air susu ibu (ASI) eksklusif.

Sehingga bayi membutuhkan tambahan ekstra untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisnya.

2. Memadai

MPAsi berkualitas yang diberikan harus mengandung energi, protein, dan zat gizi mikro yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak yang sedang tumbuh pesat.

3. Aman

MPAsi harus disiapkan dan disimpan secara higienis. Orangtua yang memberi makan pun harus mencuci tangannya agar higienis. Begitu pula peralatan makan yang digunakan perlu dibersihkan terlebih dahulu.

4. Sesuai kebutuhan

MPAsi harus diberikan dengan benar sesuai sinyal nafsu makan dan rasa kenyang anak.

Frekuensi Pemberian MPAsi

Frekuensi pemberian makan untuk si kecil, perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya harus disesuaikan dengan usia dan kebutuhan si kecil.

Baca Juga :  Peran MPASI dalam Cegah Anemia, Defisiensi Zat Besi pada Bayi

Sesuai ketentuan dari WHO, MPAsi yang berkualitas bisa diberikan saat bayi sudah siap untuk mencernanya, yakni saat berusia usia 6 bulan. dengan ketentuan sebagai berikut :

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan