Pemerintah Menargetkan 1,2 Juta Penerima Kartu Prakerja 2024

JABAR EKSPRES –Tahun ini pemerintah akan menargetkan program Kartu Prakerja 2024 untuk 1,2 juta penerima, dengan anggaran Rp4,8 triliun.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, program Kartu Prakerja harus dilanjutkan di tahun ini, guna membimbing pertumbuhan lapangan kerja.

“Secara keseluruhan angkatan kerja kita yang bekerja adalah 147 juta orang, dan jumlah yang belum bekerja masih sekitar 5,32 persen. Tentu program yang melakukan pelatihan jutaan orang sekarang dilakukan Kartu Prakerja baik online dan offline, dan skalanya besar,” kata Airlangga.

Sebagaimana yang Anda ketahui, program Kartu Prakerja diluncurkan sejak April 2020 dengan tujuan agar masyarakat mendapatkan pelatihan, untuk meningkatkan kompetensi.

Pendaftaran Kartu Prakerja 2024 dapat dilakukan secara online melalui situs resmi prakerja.go.id.

Peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan pelatihan secara gratis, serta insentif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA: Buruan Akses Dashboard Kartu Prakerja untuk Daftar Gelombang 63

Di tahun 2023 lalu, pihaknya menerapkan skema normal dengan berbagai pelatihan yang lebih beragam yang bisa Anda ikuti secara online dan offline.

Berdasarkan data yang dihimpun, program kartu Prakerja sejak tahun 2020 hingga 2023 telah memberikan akses pelatihan bagi 17,5 juta orang penerima dari 514 kabupaten/kota.

Selama tiga tahun lebih, program ini telah memberikan akses pelatihan secara inklusif diantaranya 51 persen perempuan, 48 persen berasal dari 212 kabupaten/kota miskin ekstrem, 2 persen dari kabupaten/kota tertinggal, dan 3 persen dari penyandang disabilitas.

Bagi Anda yang ingin mengikuti program Kartu Prakerja 2024, silakan lakukan pendaftaran untuk membuat akun di situs resmi.

  1. Persiapkan perangkat HP atau komputer dengan koneksi internet yang stabil.
  2. Akses dashboard Kartu Prakerja.
  3. Buat akun dengan mengklik “Daftar Sekarang” di pojok kanan atas.
  4. Isi data sesuai KTP, termasuk nama, alamat email, dan password pada kolom yang disediakan.
  5. Periksa email untuk aktivasi akun dari Kartu Prakerja.
  6. Pembuatan akun Kartu Prakerja selesai.

BACA JUGA: Teknik Psikologi: 5 Cara untuk Membuat Orang Semakin Menyukai Anda

Berikut langkah-langkah untuk melakukan pendaftaran dan bergabung di gelombang 63 dengan akses dashboard Kartu Prakerja.

  • Akses dashboard Kartu Prakerja.
  • Masukkan email dan password yang telah dibuat sebelumnya.
  • Isi NIK KTP dan tanggal lahir pada kolom yang disediakan dalam sistem.
  • Isi data diri pada formulir, termasuk nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, dan unggah foto KTP.
  • Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS oleh pihak Kartu Prakerja.
  • Ikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar selama sekitar 25 menit.
  • Tunggu email pemberitahuan setelah menyelesaikan tes.
  • Klik “Gabung” untuk mengikuti seleksi Kartu Prakerja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan