Lulusan Tahun Berapa Bisa Daftar KIP Kuliah 2024? Cek Ketentuannya

JABAR EKSPRES – Ketahui ketentuan pendaftar KIP Kuliah 2024. Lulusan tahun berapa yang menjadi syarat pendaftar KIP Kuliah 2024? Berikut informasinya.

KIP Kuliah atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah merupakan salah satu program pemerintah untuk memberikan dukungan kepada siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki prestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka melibatkan penggunaan data Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Penting untuk memastikan bahwa NISN, NPSN, dan NIK calon peserta KIP Kuliah valid sesuai dengan data yang tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbudristek.

BACA JUGA: Daftar Prediksi Nilai Rapor SNBP 2024 UNEJ Lengkap Semua Jurusan

Daftar KIP Kuliah 2024 untuk Lulusan Tahun Berapa?

Dilansir dari laman KIP Kuliah Kemdikbud, dalam pendaftarannya, peserta KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang telah lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 tahun sebelumnya.

Sehingga pendaftar KIP Kuliah 2024 adalah siswa lulusan 2024, 2023 atau 2022.

Mereka harus memiliki potensi akademik yang baik, namun menghadapi keterbatasan ekonomi, serta telah lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru pada program studi dengan Akreditasi A atau B. Pada kasus tertentu, kemungkinan juga ada untuk prodi dengan Akreditasi C.

Penerima KIP Kuliah akan mendapatkan beberapa keunggulan, termasuk pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk PT, pembebasan biaya kuliah, dan bantuan biaya hidup.

Puslapdik akan membayarkan biaya kuliah sebesar Rp. 2,4 juta per semester langsung ke perguruan tinggi.

BACA JUGA: Jurusan di IPB Lengkap Prediksi Nilai Rata-Rata Rapor SNBP 2024, Nilai 80an Bisa Masuk?    

Siswa yang menjadi penerima program KIP Kuliah juga akan mendapatkan bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700 ribu per bulan, yang dibayarkan setiap semester sesuai dengan masa studi normal (S1 maksimal 8 semester, total maksimal Rp. 33,6 juta; D3 maksimal 6 semester, total maksimal Rp. 25,2 juta; D2 maksimal 4 semester, total maksimal Rp. 16,8 juta; D1 maksimal 2 semester, total maksimal Rp. 8,4 juta).

Kapan Jadwal Pendaftaran Akun KIP Kuliah 2024?

Saat ini, belum ada informasi resmi mengenai jadwal pendaftaran akun KIP Kuliah. Para calon mahasiswa baru disarankan untuk memantau informasi resmi terkait di situs web resmi KIP Kuliah Kemdikbud.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan