Cetak Gol di Laga Pembuka Piala Asia 2023, Marselino Masuk ke Dalam Jajaran Elit Pemain Muda di Asia

JABAR EKSPRES – Penampilan Marselino Ferdinan dalam laga Timnas Indonesia vs Irak di pembukaan Piala Asia 2023 Qatar pada Senin (15/1), berhasil menjadi sorotan para pencari bakat pemain dunia.

Gelandang serang Timnas Indonesia ini menjadi pencetak gol termuda keempat di Piala Asia abad ke-21 sejak tahun 2001, dengan golnya saat melawan Irak dengan skor akhir 1-3 di Stasiun Ahmed bin Ali, Qatar.

Marselino yang merupakan pesepak bola di bawah naungan klub Belgia, KMSK Deinze itu mencetak golnya pada turnamen empat tahunan ini di usianya yang menginjak ke-19 tahun, 4 bulan, 6 hari.

BACA JUGA: Indonesia Resmi Protes ke AFC Terkait Gol Kedua Irak di Piala Asia 2023

“Marselino Ferdian dari Indonesia adalah pemain termuda ke-4 yang mencetak gol di Piala Asia abad ke-21,” tulis @FTalentScout melalui akun X (Twitter), pada Selasa (16/1/2024).

Berdasarkan statistik Jacek Kulik, nama Marselino yang menjadi pemain termuda ke-4 yang mencetak gol di ajang Piala Asia abad ke-21 ini, kini sudah masuk ke dalam jajaran elit pemain muda di Benua Asia.

Mantan pemain Persebaya Surabaya ini terpaut hampir setahun dari Son Heung-min, pencetak gol termuda Piala Asia abad ke-21 yang merupakan bintang Tottenham Hotspur di Korea Selatan.

Son pada saat itu menorehkan namanya di papan skor pada saat berusia 18 tahun, 6 bulan, 10 hari. Ia mencetak gol di Piala Asia 2011 untuk menutup kemenangannya dengan skor 4-1 melawan Timnas India.

Adapun pemain lainnya yang mencetak gol lebih muda diatas Marselino yakni Magid Mohamed Hassan dari Bahrain yang mencetak gol di usia 18 tahun, 9 bulan, 7 hari, dan juga Mohanad Ali dari Irak yang mencetak gol di usia 18 tahun, 6 bulan, 19 hari.

BACA JUGA: Elkan Baggott: Ambisi Besar untuk Indonesia di Piala Asia dan Buat Bangga Keluarga

“Salah satu hal positif terbesar Tim Garuda dalam pertandingan pembuka turnamen. Ikon masa depan sepakbola Indonesia,” lanjut cuitan @FTalentScout.

Tak hanya itu, Marselino juga mencantumkan namanya di buku rekor lain sebagai pemain Indonesia termuda yang mencetak gol di Piala Asia. Ia berhasil melewati rekor sebelumnya yang dipegang oleh Ponaryo Astaman di Piala Asia 2004 yang mencetak gol di usia 24 tahun, 9 bulan, 29 hari. (Mg/Syafitra Nur Annisa)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan