Puluhan Bencana Melanda pada Awal 2024, BPBD KBB Tetapkan Status Siaga Bencana

JABAR EKSPRES – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat sebanyak 21 kejadian bencana terjadi selama periode Januari 2024.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Bandung Barat, dampak dari kejadian tersebut, sebanyak 70 rumah mengalami kerusakan dan 7 fasilitas umum rusak. Total 268 jumlah jiwa warga terdampak, 33 jiwa lainnya terancam, dan 2 orang di antaranya meninggal dunia akibat tertimbun longsor dan satu orang lainnya tersambar petir.

“Melihat peristiwa itu, Pemda Bandung Barat menetapkan status siaga darurat, dan ini berlaku mulai 1 Desember 2023 hingga 31 Mei 2024 mendatang,” ujar Plt Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bandung Barat, Asep Sehabudin saat dihubungi, Kamis (11/1/2024).

BACA JUGA: Gugatan Rp9 T Panji Gumilang ke Ridwan Kamil Kalah di PN Bandung

Ia menuturkan, status siaga darurat bencana ini pun sudah ditetapkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, dengan surat Nomor 100.3.3.2/Kep.920-BPBD Tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana terhitung 1 Desember 2023 hingga 31 Mei 2024.

Menurutnya, status siaga darurat dikeluarkan atas pertimbangan dan melihat dampak dari bencana yang ditimbulkan selama periode Januari 2024. Selain berdampak pada pemukiman warga, lahan pertanian berupa sawah pun terdampak.

“Jadi bukan hanya pemukiman, lahan berupa sawah pun sama berdampak. Data dari Dinas Pertanian sebanyak 4 hektar rusak tergenang,” jelasnya.

Asep mengatakan, meningkatnya peristiwa bencana di Bandung Barat dipicu lantaran meningkatnya hujan dengan intensitas tinggi kondisi ini kerap memicu banjir. Sedangkan bencana longsor Bandung Barat juga sangat rawan karena memiliki kontur wilayah berbukit.

“Peristiwa itu juga dipicu lantaran berkurangnya kapasitas daya tampung sungai akibat sedimentasi jadi kerap meluap. Kalau longsor memang Bandung Barat itu berbukit,” papar Asep.

Asep mengimbau masyarakat Bandung Barat untuk tidak panik menghadapi peralihan musim ini. Namun, dirinya meminta untuk tetap waspada. Dia mengatakan personel BPBD akan siaga 24 jam.

“Untuk masyarakat tetap waspada menghadapi potensi cuaca ekstrem ini. Tetap beraktivitas seperti biasa dan jangan panik, namun tetap waspada,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan